Begini Cara Mengatasi Bebunyian Saat Menginjak Kopling Mobil
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 5 April 2020 18:24 WIB
Bengkel Auto2000 memberikan layanan prima kepada pelanggan. Dok Auto2000
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Bunyi-bunyian pada kendaraan mengakibatkan kenyamanan berkendara sedikit terganggu. Hal ini bisa saja disebabkan pengendara kurang merawat kendaraan. Salah satunya adalah bunyi berdenyit yang terdengar pada kopling. Muncul suara aneh ketika pedal kopling diinjak maupun dilepas. Kasus suara berdenyit ini lumayan sering terjadi baik pada mobil lama maupun baru.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika masalah ini tidak segera diatasi kerusakannya bisa makin parah. Misalnya, pedal kopling akan terasa lebih keras dari biasanya.

Seperti dikutip dari laman Auto2000, kasus ini terjadi karena kurangnya pelumasan di bagian penggerak kopling. Ada satu hal yang umumnya membuat pelumasan berkurang, bahkan habis dan kering sama sekali. Selain karena pemakaian kendaraan, pelumas juga dapat berkurang bila kendaraan terlalu sering melewati genangan air.

Cipratan air yang mengenai logam-logam pada sistem kopling yang posisinya berdekatan dengan permukaan jalan, maka dapat mengakibatkan pelumasan tidak berfungsi dengan baik. Suara itu timbul karena secara teknis memang akan terjadi persinggungan antarlogam saat pedal kopling bekerja.

Kemungkinan itu terlihat dari cara kerja sistem kopling. Pada saat pengemudi menekan pedal kopling, hasil pijakan akan diteruskan menuju garpu pembebas (release fork). Release fork ini yang kemudian akan menekan pegas diafragma melalui laher.

Untuk dapat menekan pegas diafragma, release fork perlu satu tumpuan sebagai titik tumpu. Persingguan release fork dan tumpuannya inilah yang menjadi sumber suara berdenyit bila pelumasan di bagian ini kurang.

Solusinya tentu saja mudah. Tambahkan pelumasan pada persinggungan dua logam tadi. Atau dapat juga dengan cara menyemprotkan cairan anti karat di tempat yang sama. Kasus seperti ini mestinya tidak akan muncul bila rutin melakukan servis.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi