Tips Merawat Mobil Agar Tetap Awet dan Optimal
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 18 September 2022 19:06 WIB
Ilustrasi alat pencuci mobil.

GOOTO.COM, Jakarta - Sebagai pemilik kendaraan tentunya sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk selalu merawat mobil agar menjaga performa yang baik setiap berkendara. Selain itu, merawat mobil berguna untuk memberikan kenyamanan ketika berkendara karena dapat meminimalisirkan terjadinya gangguan saat berkendara. Terlebih jika Anda memakai mobil yang rutin dipakai tentunya memerlukan perawatan, baik mobil matic maupun manual. Maka dari itu, rawat mobil Anda dengan servis berkala demi menjaga kondisi mobil tetap optimal.

Berikut cara merawat mobil agar tetap optimal dan awet, dilansir dari Honda hari ini, Minggu, 18 September 2022:

  1. Rutin cek oli

Umumnya dalam petunjuk buku manual, cek oli dianjurkan setiap 10.000 kilometer atau 6 bulan sekali. Namun, jika penggunaan mobil rutin dan menghadapi kemacetan, mengganti oli dilakukan setiap 5.000 kilometer. Selain itu, apabila mesin mobil terasa kasar dan warna oli sudah menghitam dan encer, itu tandanya untuk ganti oli.

  1. Periksa kopling dan rem

Disarankan saat memasuki 10.000 dan 50.000 kilometer periksalah kendaraan. Perhatikan ampas kopling yang sudah mulai aus, hal itu akan membuat perpindahan gigi terasa berat. Kemudian rutin cek kondisi rem. Mengganti minyak rem sebaiknya setiap 20.000 kilometer.

  1. Ganti air radiator

Penggantian air radiator yang tepat dan tidak asal-asalan, menjadi hal yang mesti diperhatikan dalam perawatan mobil. Hal ini agar menunjang performa mobil.

  1. Cek ban dan tekanan

Tekanan ban sangatlah penting untuk keselamatan. Minimal sebulan sekali dan sebelum melakukan perjalanan jauh. Perhatikan juga kondisi bannya, sehingga bila terlihat sesuatu yang aneh ataupun rusak sebaiknya segera diganti.

  1. Rutin periksa kabel dan lampu

Demi kenyamanan serta tidak bermasalah saat di jalan, rutinlah memeriksa kondisi kabel dan lampu. Apakah ada kabel yang kendur, bahkan putus, dan lampu yang mulai redup. Bila menemukan kerusakan segera untuk mengganti dengan yang baru dan gunakan spare part yang direkomendasikan pabrik.

  1. Cuci mobil

Minimal seminggu sekali mencuci mobil agar body mobil tetap kinclong dan bersih dari noda. Bila jarang dicuci maka akan semakin susah dibersihkan, apalagi mobil yang berwarna putih nodanya mudah terlihat. Gunakan sabun cuci khusus mobil saat mencuci serta gunakan lap yang halus agar tidak merusak cat.

  1. Bersihkan kaca

Rutin membersihkan kaca menggunakan cairan khusus glass cleaner dan cek kualitas air washer. Pastikan karet pada jendela sering dibersihkan dari kotoran dan debu agar tidak membuat kaca baret.

  1. Bersihkan bagian dalam mobil

Bersihkan bagian dalam mobil seperti jok mobil setelah pemakaian untuk menghindari perubahan warna secara cepat. Jok mobil berubah akibat keringat atau hal lain yang menempel. Selain itu bersihkan juga kabin dan karpet untuk mencegah tumbuhnya jamur.

  1. Gunakan bahan bakar beroktan tinggi

Terakhir, tips merawat mobil agar performa mesin yang lebih baik yakni menggunakan bahan bakar yang beroktan tinggi atau sesuai anjuran pabrik.

Itulah beberapa informasi mengenai cara merawat mobil agar tetap nyaman saat berkendara.

Baca juga: Formula 1: Alex Albon Operasi Usus Buntu, Sempat Alami Gagal Pernapasan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Tips Merawat Mobil
#Honda
#Pelumas
#Kopling Mobil
#Radiator
#Air Radiator
#Cuci Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi