4 Tips Merawat Mobil yang Sudah Tak Dipakai Selama Setahun
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 24 April 2024 15:00 WIB
Tips and trik merawat mobil ketika Selesai PSBB
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Setiap pemilik mobil pasti menginginkan kendaraan tetap dalam kondisi prima, bahkan ketika kendaraan tersebut tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, misalnya setahun.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun sering kali para pemilik mobil lupa soal apa yang sebaiknya dilakukan agar mobil tetap terjaga kualitasnya meskipun tidak aktif digunakan. Perlu dipahami bahwa mobil tidak dipakai setahun juga perlu dirawat seperti ketika sering digunakan.

Bahkan kendaraan yang sudah lama tidak digunakan perlu dirawat secara berkala untuk menjaga kondisinya. Berikut tips merawat mobil yang sudah tidak dipakai selama setahun dilansir dari Auto2000:

1. Jaga Kebersihan Interior dan Eksterior

Perawatan kebersihan mobil merupakan langkah penting untuk menjaga kondisi mobil yang tidak digunakan selama setahun. Bersihkan bagian interior mobil dari debu, kotoran, dan jamur yang mungkin menumpuk selama tidak digunakan.

Sementara itu, pastikan juga untuk membersihkan bagian eksterior mobil secara berkala demi mencegah kerusakan akibat kotoran yang menempel terlalu lama.

2. Pompa Ban Secara Berkala

Ban yang tidak digunakan dalam waktu lama cenderung kehilangan tekanan anginnya. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan pemeriksaan dan mengisi ulang tekanan angin ban secara berkala agar ban tetap dalam kondisi optimal. Hal ini akan membantu mencegah kerusakan pada ban dan velg akibat kempes.

3. Lakukan Penggantian Oli Secara Rutin

Meskipun mobil tidak digunakan, oli dalam mesin dapat mengalami perubahan kimia dan bisa menjadi kental jika dibiarkan terlalu lama. Oli yang berubah menjadi kental sudah tidak lagi memiliki kualitas yang baik untuk melumasi mesin-mesin kendaraan.

Oleh karena itu pemilik mobil disarankan untuk melakukan penggantian oli secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan, bahkan jika kendaraan tidak digunakan.

4. Lindungi Mobil dari Cuaca Ekstrem

Sebaiknya, simpan mobil di dalam garasi atau tempat yang terlindung dari cuaca ekstrem seperti panas matahari dan hujan.

Memarkirkan mobil di tempat yang baik akan membantu meminimalkan risiko kerusakan akibat paparan cuaca yang berlebihan dan menjaga kondisi mobil dalam jangka waktu yang lebih lama.

Pilihan Editor: MotoGP: Alex Marquez Masih Kesulitan dengan Motor Ducati GP23

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi