Aki Mobil Cepat Soak, Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 20 September 2022 06:04 WIB
Ilustrasi Aki Mobil. TEMPO/Wawan Priyanto

GOOTO.COM, JakartaAki merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan karena fungsinya menyimpan dan menyuplai listrik pada komponen di mobil. Jika tegangan aki turun atau soak, komponen seperti lampu dan starter akan terdampak dan membuatnya menjadi mati.

Supaya tidak mudah soak, aki perlu dirawat sebaik mungkin agar fungsinya tetap optimal. Apabila kondisi aki dalam keadaan tidak baik, maka komponen-komponen yang membutuhkan aliran listrik dari aki tidak bisa bekerja atau tidak bisa digunakan.

Penurunan tegangan pada aki bisa disebabkan beberapa faktor. Mulai dari intensitas pemakaian mobil yang terlalu sering atau bahkan jarang digunakan, hingga usia pakai aki yang sudah lama.

Berikut penjelasan penyebab aki mobil mudah soak, dilansir dari laman Auto2000 hari ini, Selasa, 20 September 2022.

1. Usia Aki Sudah Lama

Aki mobil biasanya bertahan sekitar lima tahun atau lebih lama, tergantung dengan cara perawatan yang dilakukan. Pemakaian aki yang sudah terlalu lama akan membuat tegangannya mengalami penurunan. Hal tersebut wajar terjadi mengingat setiap barang memiliki usia pakai yang telah ditentukan.

2. Mobil Jarang Digunakan

Mobil yang jarang digunakan akan membuat aki mobil tidak mendapat suplai listrik yang cukup dan menyebabkan kapasitas kerja aki menjadi kurang maksimal.

Apabila kondisi tersebut dibiarkan, maka aki menjadi tekor dan mobil menjadi sulit dinyalakan. Untuk mendeteksi kerusakan tersebut adalah dengan melihat komponen listrik apakah menyala sempurna atau tidak.

3. Penggunaan Aksesori Mobil yang Berlebihan

Menambah aksesori mobil dapat menjadi penyebab turunnya tegangan aki mobil. Salah satu aksesori yang paling banyak menyedot tenaga aki adalah sistem audio. Oleh sebab itu, jika ingin memasang aksesori mobil, sebaiknya pasang aksesori yang sewajarnya dan tidak berlebihan.

4. Intensitas Penggunaan Mobil

Mobil yang terus-menerus digunakan juga dapat menyebabkan tegangan aki menurun dengan cepat. Pasalnya mobil yang digunakan dengan intensitas yang tinggi membutuhkan daya listrik yang cukup besar.

Dalam hal ini, aki mobil akan dipaksa bekerja ekstra supaya bisa menyalurkan tegangan listrik secara maksimal. Penggunaan yang demikian justru menyebabkan aki tekor dan usia pemakaian menjadi lebih pendek.

5. Lampu yang Terus Menyala

Lampu mobil yang terus menyala dapat mengakibatkan penurunan tegangan aki dan menyita tegangan listrik pada aki mobil dengan cepat. Saat mobil tidak digunakan, pastikan lampu sudah dimatikan.

Baca juga: Tips Cegah Kaki-kaki Mobil Bermasalah: 4 Komponen Ini Wajib Diperiksa Rutin

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Aki
#Aki Mobil
#Air Aki
#Tips Merawat Aki
#Tips Merawat Mobil
#Aki Mobil Tekor
#Auto2000

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi