Tips Merawat Mobil Bermesin Turbo, Perhatikan Tingkat Kepanasannya!
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 24 Desember 2021 12:00 WIB
Mesin MIVEC Turbo yang dimiliki Mitsubishi Lancer Evolution X ini dipersenjatai dengan mesin 4 silinder, DOHC kapasitas 2,0 liter yang menghasilkan tenaga sebesar 155 PS. Seriouswheel.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Perawatan mobil bermesin turbo dengan non-turbo dipastikan ada sedikit perbedaan. Maka dari itu tips merawat mobil berteknologi turbo ini harus cukup diperhatikan oleh para penggunanya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembalap Reli Indonesia, Rifat Sungkar mencoba untuk memberikan tips merawat mesin turbo saat menghadiri acara virtual bersama Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pekan ini.

Menurutnya, ada salah satu hal yang harus diperhatikan oleh para pengguna mobil turbo. Rifat mengingatkan bahwa pemilik kendaraan wajib menaruh perhatian lebih terhadap tingkat kepanasan mesinnya.

“Mobil turbo musuhnya cuma satu, yaitu panas. Kalau mobil turbo dipakai jalan panjang, rileks dulu supaya temperatur normal,” terang juara Kejurnas Sprint Rally 2021 tersebut.

Lebih lanjut, Rifat mengatakan kalau biaya perawatan mesin turbo akan sedikit lebih mahal dbandingkan non-turbo. Maka dari itu, ia meminta kepada pemilik mobil bermesin turbo untuk menjaga mesinnya agar tidak rusak.

“Karena turbo mahal. Usahakan suhunya diatur, gunakan coolant yang baik. Turbo bisa muter 120.000 rpm, sangat luar biasa, jadi harus diperhatiin (mesinnya),” lanjut Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia itu.

Rifat pun menyarankan agar pemilik kendaraan bermesin turbo untuk tidak salah pilih pelumas. Karena hal tersebut akan meminimalisir adanya peningkatan temperatur pada mesin.

“Ketika mesin turbo panas, perangkat akan cari cara bagaimana mendinginkan, biasanya mencari yang dekat yakni bensin. Tapi masalahnya akan sangat boros. Tugas pelumas itu cukup berat, salah pelumas, maka perpurtaan mesin berat. Temperatur naik, maka turbo akan tinggi konsumsi bensinnya,” tutup Rifat Sungkar.

Baca: Hati-hati dalam Modifikasi Velg Mobil, Ini Penjelasan Rifat Sungkar

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi