Cara Mudah Merawat Karet Wiper Mobil
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 24 September 2021 19:50 WIB
Ilustrasi karet wiper mobil. TEMPO/Wawan Priyanto

TEMPO.CO, JakartaWiper merupakan perangkat yang tergolong vital bagi sebuah mobil. Fungsi adalah dalam membersihkan kaca hingga menyeka air pada saat hujan sehingga visibilitas pengemudi tetap terjaga. Karena itu, penting bagi pemilik kendaraan untuk merawat wiper agar kinerjanya tetap maksimal. 

Menurut pengelola bengkel Sumber Rejeki Motor, Bendi Baru, Jakarta Selatan, Sukatno, tidak ada yang spesial dalam merawat karet wiper. Namun ia mengatakan bahwa penggunaan karet wiper lebih ke arah fungsinya yang dapat digunakan dalam menghapus secara bersih pada bagian kaca, khususnya kaca depan. 

“Jika wiper tidak bekerja dengan maksimal, tentu akan sangat merepotkan jika hujan. Air hujan tidak akan cepat tersapu dari kaca dan dapat mengganggu pandangan pengemudi," kata Sukatno saat dihubungi Tempo.co pada 24 September 2021. 

Sukatno menjelaskan bahwa pemilik kendaraan dapat dengan mudah melakukan perawatan agar karet wiper tetap terjaga kualitasnya. Cara sederhana yang dapat dilakukan untuk merawat karet wiper yaitu menghindari mobil untuk diparkirkan di tempat yang langsung terpapar matahari dalam jangka panjang. Kondisi dapat mempercepat umur dari karet wiper, menjadi lebih getas dan cepat rusak. Hal ini dapat memungkinkan karet untuk melar atau mengeras sehingga kehilangan fungsi dalam membersihkan kaca mobil.

Sukatno juga menambahkan bahwa ideal dalam penggantian dari karet wiper sendiri yaitu satu tahun sekali untuk penggunaan mobil yang tidak terus-terusan berada di bawah sinar matahari. Namun, jika kendaraan lebih banyak digunakan atau diparkirkan di tempat yang langsung terpapar matahari sebaiknya diganti setiap enam bulan sekali.

“Idealnya jika terkena paparan sinar matahari, karet wiper sebaiknya diganti setiap enam bulan sekali. Toh harga karet wiper juga tidak terlalu mahal dan banyak variannya," ujarnya. 

Sukatno juga berpesan kepada pemilik mobil untuk rajin memeriksa karet wiper. Tujuannya, jika karet mulai mengeras atau robek, bisa segera dilakukan penggantian. Sebab, karet wiper yang mengeras atau robek berpotensi untuk menimbulkan baret atau luka pada permukaan kaca mobil. 

HEDWIGE | TEMPO.CO

Baca juga: Tips Merawat Karet Wiper agar Fungsinya Maksimal di Musim Hujan

 
#Wiper
#Karet Wiper
#Musim Hujan
#Tips Merawat Mobil
#Tips Aman Berkendara

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi