Memasuki Musim Hujan, Kenali Fungsi 5 Komponen pada Wiper Mobil
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 14 September 2022 06:25 WIB
Ilustrasi karet wiper mobil. TEMPO/Wawan Priyanto

GOOTO.COM, Jakarta - Memasuki musim hujan di sejumlah wilayah di Indonesia, ada baiknya para pemilik mobil memeriksa sejumlah komponen yang memiliki fungsi vital saat berkendara di musim hujan. Salah satu komponen tersebut adalah wiper atau pembersih kaca mobil.

Wiper sendiri memiliki fungsi membersihkan kaca mobil dari air hujan dan juga berbagai kotoran yang menempel. Tanpa adanya wiper, maka pandangan pengendara saat hujan menjadi sangat terbatas.

Wiper ini harus mendapatkan perawatan yang lebih, khususnya ketika memasuki musim hujan. Selain itu, pengemudi juga perlu memahami komponen-komponen yang ada pada wiper mobil untuk memastikan fungsinya tetap optimal.

Berikut adalah 5 komponen yang ada di wiper mobil, dilansir dari laman Auto2000 hari ini, Rabu, 14 September 2022.

1. Wiper Blade

Wiper blade ini memliki bentuk layaknya pedang, yang fungsinya membersihkan air yang sudah menempel di permukaan mobil. Komponen ini terdiri dari dua bagian utama, yakni frame dan karet.

Frame berguna menjadi rangka agar karet wiper bisa melekat, sementara karet wiper berfungsi membersihkan air yang menempel pada kaca mobil. Dengan sifat yang elastis, karet wiper mampu membersihkan air tanpa menimbulkan baret di bagian kaca.

2. Wiper Arm

Wiper arm terletak di bawah wiper blade dan memiliki fungsi menjadi lengan wiper atau lengan penghubung antara bagian mekanisme wiper blade dengan penggeraknya. 

Wiper arm ini juga memiliki pegas di dalamnya yang berfungsi memberikan efek tekanan kepada wiper blade sehingga bisa menekan ke bagian kaca lebih baik. Dengan demikian, proses pembersihan air di kaca menjadi lebih merata.

3. Wiper Link Mechanism

Wiper link mechanism ini memiliki dua mekanisme kerja, pertama adalah mengubah gerakan putaran motor menjadi gerakan bolak balik. Sementara mekanisme kerja kedua adalah menyalurkan gerakan bolak balik itu ke kedua wiper arm yang telah tersedia.

Wiper link mechanism terdiri dari beberapa bagian, yakni crank rod, connecting rod, wiper short arm, pivot arm, dan wiper link.

4. Wiper Motor

Wiper motor ini menjadi pengubah energi listrik ke energi putar. Wiper ini merupakan sumber tenaga untuk menggerakan wiper. Pada komponen ini terdapat mekanisme reduksi putaran motor.

Di dalam poros motor wiper terdapat worm gear, yang berfungsi mereduksi putaran motor menjadi lebih lambat. Jadi, meskipun putaran motor tinggi, namun wiper tetap bisa bergerak dengan santai dan presisi.

5. Wiper Electricity Control

Komponen terakhir ini memiliki kontrol untuk mengatur kecepatan wiper, mulai dari kecepatan rendah, sedang, hingga tinggi. Di dalam wiper electricity control ini terdapat beberapa komponen, yakni baterai, saklar kombinasi, fuse, relay, serta kabel penghubung.

Baca juga: Musim Hujan, Simak 5 Penyebab Wiper Mobil Mati

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto. 

#Wiper
#Karet Wiper
#Musim Hujan
#Air Wiper
#Auto2000
#Wiper Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi