Musim Hujan, Simak 5 Penyebab Wiper Mobil Mati
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Jobpie Sugiharto
Selasa, 13 September 2022 09:39 WIB
Ilustrasi karet wiper mobil. TEMPO/Wawan Priyanto

GOOTO.COM, Jakarta - Saat musim hujan wiper berperan penting saat mobil berjalan di musim hujan, Tanpa wiper mobil, pandangan mata pengendara saat hujan menjadi terbatas.

Maka merawat wiper mobil menjadi penting apalagi saat ini mulai memasuki musim hujan. Berikut sejumlah penyebab wiper mobil mati, dilansir dari laman Auto2000 hari ini, Selasa, 13 September 2022:

1. Karet Wiper Mobil AusPertama yang perlu diperhatikan oleh para pemilik mobil adalah kondisi dari karet wiper. Bila telah aus atau mengeras, sebaiknya diganti dengan karet yang lentur. Selain menyebabkan sapuannya terhadap air di permukaan kaca tak merata, lentur karet yang mengeras juga berpotensi menyebabkan kaca mobil baret. Bila itu terjadi, biaya pemulihannya cukup mahal. 

2. Gerakan Wiper LambatAuto2000 menyebut fenomena ini biasanya disebabkan karena ada bagian dalam sistem penggerak wiper yang kotor. Hal ini berdampak pada arus listrik dan bisanya membuat engkol wiper terhambat. Cara untuk mengatasinya, bersihkan tahanan koil tersebut. Selain itu alasan wiper lambat yakni lantaran ada yang berkarat di elemen wiper. Cara untuk mengatasinya, bersihkan engkol dari karat dan semprot bagian itu dengan cairan anti karat. Bila sudah parah harus dilas atau menggantinya. 

3. Wiper Mobil Tidak BergerakTerkadang ada kejadian dimana wiper sama sekali tidak mau bergerak. Kemungkinan pertama yakni motor listrik yang sudah aus. Bila terjadi maka tidak ada pilihan lain kecuali menggantinya dengan yang baru. Kedua, sekring bermasalah. Permasalahan pada sekring itu pun ada dua. Bila sekring putus berarti ada arus listrik yang berlebihan. Oleh karena itu, cermati rangkaian dan hubungan antarkabel yang terkait dengan sekring.

4. Dinamo Wiper RusakSeperti Dinamo pada umumnya kerusakan yang sering terjadi pada Dinamo Wiper juga masalah kumparan yang terbakar. Biasanya disebabkan oleh hubungan singkat arus listrik pada mobil. Kalau sudah begini wiper mobil dinyatakan rusak total dan harus diganti.

5. Semburan Air dari Washer KurangPersoalan lain yang juga kerap terjadi adalah semprotan air dari kepala washer yang ada di kap mobil kurang kuat, kecil, atau tak tepat. Semua persoalan itu dikarenakan lubang di kepala washer yang tersumbat. Cara membersihkannya tinggal melepas tabung dan langsung campurkan pasir kerikil lalu kocok-kocok hingga kotoran yang menempel dinding tabung hilang.

Baca: Komplit Wiper Mobil: Kegunaan, Anatomi, dan Macam-macamnya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Wiper Mobil
#Karet Wiper
#Musim Hujan
#Auto2000
#dinamo

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi