Simak Cara Mencegah Kaca Mobil Baret dan Retak
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Jobpie Sugiharto
Selasa, 6 Desember 2022 08:28 WIB
Ilustrasi kaca mobil. TEMPO/Wawan Priyanto

GOOTO.COM, Jakarta - Kaca mobil merupakan salah satu komponen vital mobil untuk membantu visibilitas pengemudi. Kaca mobil yang kotor dan bahkan baret, dapat mengganggu visibilitas dan membuat pengemudi kesulitan untuk fokus melihat jalan.

Melansir laman Auto2000 hari ini, Selasa, 6 Desember 2022, baret pada kaca mobil bisa disebabkan banyak hal, salah satunya adalah karena gesekan dengan karet wiper yang keras. Apabila kaca mobil sudah baret, retak, atau bahkan pecah, maka harus segera ditangani dengan benar.

Kaca mobil yang rusak perlu dilakukan tindakan dan cara terbaiknya adalah dengan mengganti satu panel kaca. Kaca yang rusak dan dipaksa diperbaikan, apalagi bukan dengan standar pabrikan, dikhawatirkan membuat kekuatan kaca menjadi menurun.

Oleh sebab itu, sebelum terjadi baret atau rusak pada kaca, disarankan pemilik kendaraan untuk melakukan perawatan untuk mencegah kaca menjadi baret. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek kondisi karet wiper mobil secara rutin, setidaknya setiap enam bulan sekali.

Apabila karet wiper mobil terasa keras dan kasar, maka disanrankan untuk diganti agar tidak membuat kaca baret. Namun bila belum sempat untuk mengganti yang baru, Anda bisa menggunakan kompon untuk mengoleskan pada permukaan karet yang keras tadi dan bersihkan menggunakan karet.

Cara tersebut bisa menahan karet wiper mobil selama kurang lebih satu bulan. Setelah itu, ganti dengan yang baru dan jangan lupa untuk selalu bersihkan kaca depan dari debu dan kotoran.

Sebenarnya untuk menghilangkan baret pada kaca mobil tidak terlalu rumit.

Bisa menggunakan bahan-bahan yamg mudah diperoleh. Namun kondisi baret pada kaca sangat mengganggu saat berkendara sehingga lebih baik melakukan perawatan untuk mencegah kaca mobil baret.

Baca: Pilih Kaca Film Mobil Berdasarkan Fungsinya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Kaca Mobil
#Wiper
#Wiper Mobil
#Karet Wiper
#Auto2000

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi