Simak 5 Cara Menghilangkan Baret pada Kaca Mobil, Bisa Pakai Odol
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 13 Januari 2022 11:00 WIB
Ilustrasi kaca mobil. TEMPO/Wawan Priyanto

GOOTO.COM, Jakarta - Kaca mobil merupakan bagian yang cukup vital dalam sebuah mobil, karena fungsinya untuk memberikan visibilitas bagi pengemudi. Untuk bisa mendapatkan visibilitas yang baik, kaca mobil pun perlu mendapatkan perawatan agar kondisinya tetap bersih.

Salah satu masalah yang ada di kaca mobil adalah munculnya baret. Baret pada kaca mobil bisa disebabkan berbagai hal, salah satunya adalah gesekan dari karet wiper yang sudah getas atau keras. Kemudian bisa juga adanya gesekan dari benda-benda lain yang ditemui di jalan seperti kerikil kecil, debu atau ranting pohon.

Pemilik kendaraan tidak perlu khawatir apabila muncul baret pada kaca mobil. Pasalnya hal tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara menggunakan bahan-bahan yang cukup mudah didapat.

Berikut adalah 5 tips atau cara menghilangkan baret pada kaca mobil, dikutip dari laman Auto2000 hari ini, Kamis, 13 Januari 2022:

1. Gunakan Kompon

Salah satu peralatan yang efektif menghilangkan baret pada kaca mobil adalah kompon mobil. Kompon adalah bahan kimia untuk mengikis permukaan benda, bentuknya seperti krim lembut berwarna putih, dan bahan ini mudah dibeli di bengkel atau toko perlengkapan mobil.

Cara menggunakannya, pertama bersihkan permukaan kaca mobil yang baret menggunakan lap bersih. Jika sudah bersih, oleskan kompon menggunakan spons dan pastikan seluruh permukaan yang baret tertutup kompon. Setelah itu, gosok perlahan dengan lap microfiber dan kaca yang baret pun terlihat seperti baru.

2. Gunakan Cerium Oxide

Cerium Oxide merupaan bahan kimia berbentuk serbuk kekuningan dan berfungsi sebagai pemoles kaca. Bahan ini mampu memberikan efek bersih sehingga kaca mobil akan terlihat jernih setelah pemolesan.

Untuk cara menggunakannya, bersihkan bagian kaca yang baret dan basahi permukaan kaca. Setelah itu amplas secara perlahan hingga permukaan kaca mobil. Kemudian buat cairan Cerium Oxide dengan mencampurkan air hingga mengental.

Lalu poles kaca dengan cairan tersebut menggunakan kuas atau kain lembut. Gosok perlahan sambil ditekan agar cairan meresap. Terakhir, bersihkan permukaan kaca dengan kain lembut yang bersih.

3. Gunakan Ammonia

Sama seperti kompon dan Cerium Oxide, Ammonia merupakan bahan kimia yang dapat digunakan untuk membersihkan kaca yang baret. Caranya pun cukup mudah, pertama adalah campurkan Ammonia dengan air hingga rata.

Setelah itu, aplikasikan cairan tersebut ke permukaan kaca yang baret menggunakan alat pemoles atau kain lembut yang bersih. Gosok perlahan kaca mobil yang baret sambil sesekali ditekan. Diamkan beberapa saat, kemudian bersihkan.

4. Gunakan Pasta Gigi

Selain menggunakan bahan kimia, membersihkan baret pada kaca mobil juga bisa menggunakan bahan rumah tangga seperti pasta gigi atau odol. Gunakan pasta gigi dengan bahan pemutih, yang biasanya mengandung carbamide peroxide atau hidrogen peroksida.

Aplikasikan pasta gigi secukupnya pada kaca mobil yang baret menggunakan kuas atau kain lembut. Diamkan sejenak hingga pasti gigi terlihat mengering, setelah itu bilas dengan air. Jika dirasa kurang, ulangi cara yang sama beberapa kali.

5. Rutin Lakukan Perawatan

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengatasi kaca baret, selain melakukan perawatan rutin. Langkah pertama adalah dengan mengecek kondisi karet wiper secara rutin, setidaknya setiap enam bulan sekali. Apabila karet wiper terasa keras dan kasar, segera lakukan penggantian karena hal itu bisa membuat kaca mobil baret.

Karet wiper ini juga bisa diatasi menggunakan kompon dengan cara mengoleskannya. Cara ini bisa menahan karet wiper untuk digunakan selama kurang lebih satu bulan. Selain itu, jangan lupa bersihkan kaca depan mobil dari debu atau kotoran.

Baca: Memasuki Cuaca Ekstrem, Bagian Mobil Ini Perlu Diperhatikan secara Khusus

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Kaca Mobil
#Mobil
#Tips
#Karet Wiper
#Auto2000

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi