Keselamatan Berkendara: Tips Merawat Rem Mobil di Musim Hujan
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 3 Januari 2022 14:02 WIB
Mobil melintasi tiang listrik yang jatuh saat badai Pabuk mendekati provinsi selatan Nakhon Si Thammarat, Thailand, 4 Januari 2019. Badai Pabuk merupakan badai terkuat dalam beberapa dekade terakhir. Badai ini akan ditandai dengan hujan lebat selama beberapa jam. REUTERS/Krittapas Chaipimon

GOOTO.COM, JakartaRem mobil merupakan komponen penting dalam keselamatan berkendara di tengah musim hujan seperti saat ini. Mengingat, kondisi jalan cenderung bakal lebih licin dan basah, sehingga sistem pengereman bakal lebih sulit ketimbang jalanan kering.

General Manager Aftersales Division PT Mistubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto menjelaskan beberapa tips untuk merawat sistem pengerman. Salah satu langkahnya adalah melakukan pemeriksaan secara berkala.

“Setiap komponen yang dilengkapi pada mobil Mitsubishi telah dipersiapkan guna memudahkan pengguna untuk berkendara dengan aman dan nyaman dalam berbagai kondisi. Namun pengguna Mitsubishi tentu harus lebih waspada dan memperhatikan aspek-aspek vital dan juga sikap berkendara termasuk saat memasuki musim hujan,” katanya, dikutip dari laman Mitsubishi Motors.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa terlebih dahulu piringan cakram dan kampas rem. Pengecekan itu di antaranya adalah memantau kuantitas minyak rem, kebocoran minyak rem, ketebalan dan kerataan permukaan piringan cakram hingga ketebalan kampas rem.

Apabila kampas rem masih terbilang tebal, maka pemilik kendaraan hanya diminta untuk membersihkannya saja. Namun jika kampas rem mobil sudah mulai menipis, maka langkah yang harus diambil adalah melakukan pergantian. Itu juga berlaku pada komponen lain di sistem pengereman.

Sedangkan untuk minyak rem, pastikan Anda memeriksanya secara berkala bersama dengan komponen lainnya. Pemilik mobil disarankan untuk melakukan penggantian minyak rem di bengkel resmi setiap 40.000 km.

Bagi pemilik kendaraan yang ingin kondisi rem mobilnya tetap optimal, maka mereka bisa memanfaatkan program rainy campaign. Program ini adalah paket perawatan mobil Mitsubishi yang bertujuan untuk memeriksa kendaraan di musim hujan.

Baca: 5 Tips Keselamatan Berkendara di Awal Tahun 2022

MITSUBISHI MOTORS

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Tips
#Rem Mobil
#Keselamatan Berkendara
#Musim Hujan
#Mobil
#Mitsubishi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi