5 Tips Keselamatan Berkendara di Awal Tahun 2022
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 3 Januari 2022 12:21 WIB
Ilustrasi Mengemudi di Saat Hujan. (Istimewa)

GOOTO.COM, Jakarta - Memasuki awal 2022 beberapa pengendara mobil tetap melakukan perjalanan, khususnya bagi mereka yang mengambil cuti panjang akhir tahun. Agar mendapatkan kenyamanan lebih, beberapa pengemudi tentunya harus menerapkan sejumlah tips keselamatan berkendara.

Hal ini harus dilakukan demi menikmati liburan akhir tahun dengan aman dan nyaman, tanpa harus mengalami insiden kecil sedikitpun. Mengingat, tujuan orang berlibur adalah untuk menikmati momen indahnya pergantian tahun.

Untuk itu redaksi Gooto.com mencoba untuk merangkum 5 tips keselamatan berkendara di awal tahun, dilansir dari situs berita Antara hari ini, Senin, 3 Januari 2022:

Jaga Kondisi Selama Berkendara

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh para pengendara mobil adalah menjaga kondisi selama berkendara jarak jauh. Pasalnya, kondisi badan menjadi faktor penting menjaga konsentrasi dan fokus dalam perjalanan awal tahun.

Cek Kondisi Mobil

Tips keselamatan berkendara kedua adalah mengecek kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Hal ini memang harus dilakukan agar pengendara mendapatkan kenyamanan.

Salah satu komponen yang harus diperiksa pemilik kendaraan adalah kondisi ban, wiper, aki, lampu, oli hingga radiator. Apabila Anda bingung, maka bisa langsung membawa mobil Anda ke bengkel terdekat.

Bawa Peralatan Darurat

Selanjutnya, pemilik kendaraan juga harus menyiapkan beberapa peralatan darurat seperti dongkrak, ban serep, kunci inggri, senter, obeng hingga pengaman segitiga. Itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tak diinginkan.

Melindungi Mobil

Pengendara juga harus melindungi kendaraan saat melakukan perjalanan jauh. Maka dari itu, Anda harus tetap melakukan tindakan preventif untuk melindungi diri dan mobil dari segala risiko bahaya.

Berkendara dengan Aman

Tips terakhir yang wajib dilakukan oleh para pengendara mobil adalah berkendara dengan aman selama perjalanan jarak jauh, seperti misalnya menjaga jarak aman dan kecepatan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya risiko kecelakaan.

Baca: Tips Keselamatan Berkendara: Naik Motor di Musim Hujan Tetap Harus Pakai Sepatu

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Keselamatan Berkendara
#Tips
#Mobil
#Pengendara Mobil
#Pengemudi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi