Tips Keselamatan Berkendara: Naik Motor di Musim Hujan Tetap Harus Pakai Sepatu
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 3 Januari 2022 10:16 WIB
Sepeda motor melintas di dekat genangan air di Jalan Taman Mini setelah hujan lebat seharian mengguyur Jakarta, Senin, 1 November 2021. TEMPO/Subekti.

GOOTO.COM, JakartaMusim hujan memang menjadi salah satu masalah bagi para pengendara motor. Kebanyakan dari mereka yang memilih berkendara di tengah hujan akan melepas sepatunya agar tidak basah.

Beberapa pengendara mungkin bakal memilih untuk mengganti sandal daripada membiarkan sepatunya basah atau kotor. Akan tetapi, keputusan ini nyatanya tidak tepat untuk keselamatan berkendara seseorang.

Terlebih jika mereka tidak menggunakan alas kaki sama sekali saat berkendara di musim hujan. Melepas sepatu saat mengendarai sepeda motor di tengah hujan ini justru menimbulkan masalah baru.

Menurut situs Wahana Honda, menggunakan sandal atau tanpa alas kaki saat mengendarai sepeda motor dapat meningkatkan risiko cedera. Mengingat, sandal tidak dapat menutup seluruh bagian kaki.

Dengan menggunakan sepatu, para pengendara motor bisa mendapatkan keamanan karena seluruh bagian kaki tertutup, dari telapak kaki, tempurung kaki, pergelangan hingga mata kaki. Penggunaan sepatu ini bisa meminimalisir adanya cedera di bagian kaki.

Selain itu, risiko lainnya yang bisa diterima pengendara sepeda motor saat melepas sepatu di tengah musim hujan akan rentan terpapar kuman dan bakteri. Pasalnya, air hujan dan genangan di jalanan bukanlah air bersih.

Tingkat risiko yang lebih parah mungkin bisa terjadi jika ada serpihan kaca maupun benda tajam lain di jalanan. Hal ini tentunya bisa membuat kaki Anda berpotensi mengalami luka dan bisa memunculkan infeksi akibat terpapar kuman dan bakteri dari air kotor.

Baca: Tips Keselamatan Berkendara untuk Menghindari Pohon Tumbang

WAHANA HONDA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Keselamatan Berkendara
#Naik Motor
#Musim Hujan
#Sepatu
#Sepeda Motor
#Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi