5 Tips Ampuh Mengatasi Ban Motor Matik yang Goyang
Reporter: Bisnis.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 29 Desember 2021 13:59 WIB
Pengendara sepeda motor melintas di jalan Trans Kalimantan yang rusak di Kecamatan Liang Anggang, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Ahad, 19 Desember 2021. Ruas jalan trans Kalimantan poros selatan yang sedang dalam progres pekerjaan rehabilitasi jalan tersebut rusak parah, akibatnya aktivitas warga terganggu. ANTARA/Bayu Pratama S

GOOTO.COM, Jakarta - Ban adalah salah satu komponen yang sangat penting dan tanggung jawab yang besar untuk menjalankan motor, baik manual ataupun matik. Maka tak heran jika ban motor matik kerap kali mengalami gangguan, seperti goyang dan bocor.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ban motor matik goyang. Salah satunya adalah umur pemakaian sehingga menimbulkan masalah seperti karet mountingnya mengeras dan mudah pecah.

Bukan hanya karena kondisi fisik ban motor saja, masalah ini juga bisa terjadi karena leher komstir dan bearing yang aus. Selain itu, setelan jari-jari roda yang mengendur juga bisa menjadi penyebab ban moto matik goyang.

Lebih jelasnya, berikut redaksi Gooto.com mencoba untuk merangkum lima tips ampuh mengatasi ban motor matik yang goyang:

Cek Shockbreaker

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengecek kondisi karet bantalan shockbreaker. Apabila karet bantalannya mengeras dan tidak rapat, maka hal itu akan membuat sepeda motor tidak stabil.

Perbaiki Velg

Kerusakan pada bagian velg seperti berkarat, retak atau penyok, juga bisa menyebabkan ban motor matik goyang. Solusinya adalah mengganti velg tersebut atau memperbaiki bagian-bagian yang mengalami kerusakan saja.

Ukuran Angin Ban Motor Sesuai

Pastikan pula bahwa ukuran angin ban motor matik milik Anda sesuai dengan standarnya. Mengingat, goyangan yang ditimbulkan ban pada motor matik ini bisa terjadi karena volume angin berkurang.

Ganti Ban Motor Baru

Apabila kondisi ban memang sudah tidak bisa diperbaiki, maka salah satunya adalah menggantinya dengan yang baru. Pastikan ban baru yang Anda pilih sesuai dengan ukuran velg motor matik yang Anda miliki.

Mur Dikencangkan

Kondisi mur atau baut yang kendur diketahui bisa menjadi penyebab motor matik goyang. Maka solsui yang paling mudah adalah mengencangkan setiap mur atau baut yang ada di bagian beraring roda depan dan belakang serta setang secara rutin.

Baca: 4 Cara Gampang Mengklaim Asuransi Kendaraan

BISNIS.COM

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

#Tips
#Ban Motor
#Motor Matik
#Sepeda Motor
#Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi