Tips Keselamatan Berkendara untuk Menghindari Pohon Tumbang
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 31 Desember 2021 18:00 WIB
Pohon menimpa beberapa kendaraan yang parkir. Kamis 23 Desember 2023.FOTO-FOTO AYU CIPTA Tempo
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Musim hujan bisa menjadi salah satu potensi pohon tumbang di beberapa wilayah. Kondisi ini membuat para pengendara harus mengetahui beberapa tips keselamatan berkendara untuk menghindari pohon roboh tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sudah bukan menjadi hal asing lagi jika mendengar pohon tumbang di tengah musim hujan. Bahkan cukup sering Anda mendengar kabar kendaraan yang tertimpa oleh pohon roboh tersebut.

Tumbangnya pohon itu dikarenakan batangnya yang sudah mulai tua dan rapuh. Sehingga batang pohon tersebut tidak kuat ketika diterpa oleh angin kencang dan hujan deras.

Agar bisa selamat dari pohon tumbang tersebut, pengendara bisa melakukan beberapa tips keselamatan berkendara. Beberapa langkahnya diketahui sangat mudah dan bisa diaplikasikan dalam mengemudi sehari-hari.

Pertama, pengemudi disarankan untuk tepat dalam memilih tempat parkir. Ketika hujan deras melanda, pastikan jika kendaraan Anda tidak terparkir di sekitar pohon besar. Mungkin parkir di bawah pohon rindang adalah tempat paling oke di siang hari, namun tidak sangat baik saat musim hujan.

Setiap pengendara juga setidaknya harus mengetahui beberapa jenis pohon besar yang berpotensi tumbang. Salah satu jenis pohon yang mungkin harus Anda hindari adalah mahoni, nangka, flamboyant, manga, trembesi dan lainnya.

Tips keselamatan berkendara kedua adalah menentukan rute sebelum berjalan. Apabila Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan di tengah musim hujan, maka hal yang harus diperhatikan adalah kondisi jalannya.

Jika kondisi jalan yang akan Anda lewati itu situasinya macet dan banyak pohon-pohon besar, pengendara sebaiknya mencari rute lain. Langkah ini bisa menghindarkan pengemudi dari tertimpanya pohon tumbang.

Baca: 4 Cara Gampang Mengklaim Asuransi Kendaraan

AUTO2000

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi