Simak Tips Keselamatan Berkendara di Akhir Tahun
Reporter: Tempo.co
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 30 Desember 2021 17:00 WIB
Konvoi moge saat melintas di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, 12 Februari 2021. ANTARA/M Fikri Setiawan

GOOTO.COM, Jakarta - Akhir tahun dijadikan sebagai momen untuk berlibur bagi beberapa orang. Maka dari itu, tak ada salahnya jika mereka menyimak terlebih dahulu tips keselamatan berkendara di liburan akhir tahun ini.

Kendati pemerintah saat ini tidak menyarankan kepada warganya untuk tidak melakukan perjalanan, akan tetapi beberapa orang diprediksi tetap akan melaksanakan liburan kecil-kecilan. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan jika Anda tetap memilih untuk berlibur.

Defensive Training Trainer dari Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan beberapa tips yang harus dilakukan oleh pengendara yang ingin melakukan perjalanan di akhir tahun. Dia menyarankan agar pemilik kendaraan memperhatikan kondisi fisik dan mobil atau motor.

"Pastikan mesin mobil atau motor dalam kondisi prima, lakukan cek atau servis berkala. Yang paling penting, jangan pernah solo driver. Harus siapkan driver cadangan," kata Marcell saat dikutip Gooto.com dari Tempo.

Lebih lanjut, Marcell menjelaskan bahwa pengecekan bukan hanya dilakukan untuk komponen dalam kendaraan. Akan tetapi pengecekan juga harus dilakukan pada beberapa bagian luar, seperti misalnya ban.

Pengendara harus memastikan kondisi ban dalam keadaan baik, kembangannya masih bagus, alur masih dalam, dan tekanan angin sesuai standar. Mengingat, kondisi ban bisa memengaruhi perjalanan setiap pengendara mobil dan motor.

Jika Anda bakal melakukan perjalanan secara konvoi, maka tips aman berkendaranya adalah dengan membuat posisi zig-zag. Disarankan pula barisan konvoi tidak terlalu panjang, maksimal 10 kendaraan. Nantinya leader berada di depan dan co-leader di barisan ke-6.

Baca: 4 Cara Gampang Mengklaim Asuransi Kendaraan

TEMPO

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

#Keselamatan Berkendara
#Tips
#Kendaraan
#Mobil
#Motor
#Akhir Tahun

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi