Deretan Mobil Listrik yang Diprediksi Mengaspal di Indonesia Tahun Depan
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 30 Desember 2021 16:19 WIB
Wuling MINI EV di Wuling Center, Pondok Indah, Jakarta, 27 Oktober 2021. TEMPO/Dicky Kurniawan

GOOTO.COM, Jakarta - Sepanjang tahun 2021, sejumlah produsen mobil di Tanah Air telah memperkenalkan sejumlah mobil berbasis listrik untuk dipasarkan di Indonesia. Namun tahun 2021 mobil listrik ini hanya diperkenalkan dan dijadwalkan jajaran mobil listrik baru ini mulai mengaspal di Indonesia mulai 2022.

Tren mobil listrik di Indonesia sendiri diprediksi mengalami peningkatan mulai tahun depan. Bahkan sejumlah produsen mobil tengah mengumumkan jajaran produk elektrifikasinya yang akan meramaikan pasar Tanah Air.

Berikut redaksi Gooto.com merangkum deretan mobil listrik yang siap mengaspal di Indonesia mulai tahun 2022.

1. Wuling Hongguang Mini EV

Mobil listrik Wuling Hongguang Mini EV pertama kali diperkenalkan di Indonesia dalam ajang GIIAS 2021. Mobil mungil minimalis ini mendapatkan cukup antusias pengunjung pameran dan tak jarang juga yang menantikan dijualnya mobil listrik murah ini.

Wuling Indonesia sendiri telah mengonfirmasi bahwa mobil ini mulai dipasarkan di Indonesia pada 2022. Soal harga, di Cina Mini EV dipasarkan dengan harga mulai 28.800 yuan atau setara Rp 61 jutaan, hingga yang termahal dibanderol 38.800 yuan atau sekitar Rp 81 juta.

Mini EV menghasilkan tenaga maksimum 13 kW dan torsi maksimum 85 Nm. Tenaga dari mesin ini mampu menghasilkan kecepatan maksimum 100 kilometer per jam dan jangkauan hingga 200 kilometer dengan sekali pengisian daya. Baterainya dapat diisi menggunakan outlet 240V normal.

2. Hyundai Ioniq 5

Mobil listrik selanjutnya yang diperkirakan mengaspal di Indonesia tahun depan adalah Hyundai Ioniq 5. Bahkan kabarnya SUV listrik ini akan diproduksi lokal di pabrik Hyundai di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Hyundai Ioniq 5 merupakan crossover pertama Hyundai yang dipasarkan di bawah sub-merek Ioniq. Mobil listrik ini pertama kali diperkenalkan pada 23 Februari 2021 dan menjadi mobil pertama Hyundai yang menggunakan platform Hyundai Electric Global Modular Platform (E-GMP).

Ioniq 5 dibekali motor listrik yang ditenagai baterai dalam dua pilihan, yakni 58 kWh dan 72,6 kWh. Lewat sistem penggerak empat roda, mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 302 HP dan torsi 605 Nm. Mobil listrik ini mampu berkaselerasi dari kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 5,2 detik.

Selain dipasarkan di Korea Selatan, mobil listrik Ioniq 5 ini juga sudah dipasarkan di sejumlah negara lain, salah satunya adalah Inggris. Di Inggris, mobil ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 743 jutaan sampai dengan Rp 789 jutaan.

3. Chery QQ Ice Cream

Chery QQ Ice Cream merupakan mobil listrik asal Cina yang dikabarkan mulai dipasarkan di Indonesia tahun depan. Mobil listrik mungil yang mirip Wuling Mini EV ini memiliki harga yang juga terjangkau, yakni sekitar Rp 60 juta.

Chery QQ Ice Cream dibekali motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 27,2 PS dan torsi 85 Nm. Motor listrik tersebut dibekali baterai lithium iron phosphate dengan dua pilihan kapasitas jangkauan, yakni 120 km dan 170 km. Mobil listrik mini ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 100 km/jam.

Soal harga, Chery QQ Ice Cream Pudding dipasarkan dengan banderol 29.900 yuan atau sekitar Rp 67,5 juta, sementara tipe Cone dijual dengan harga 37.900 yuan atau sekitar Rp 85,5 juta. Lalu untuk tipe tertinggi, Chery QQ Ice Cream Sundae dilego dengan harga 43.900 yuan atau sekitar Rp 99 juta.

4. Mobil Hybrid Suzuki

Di tahun 2022, Suzuki juga dikabarkan akan meluncurkan mobil listrik pertamanya untuk pasar Indonesia. Meskipun belum terkonfirmasi secara resmi, namun mobil listrik Suzuki ini akan mengusung jenis hybrid dan dirumorkan dibangun dari basis Suzuki Vitara Brezza.

Mobil hybrid Suzuki ini diprediksi akan mengusung mesin bensin empat silinder 1.500cc yang dikawinkan dengan motor listrik. Kemudian mobil ini juga akan dibekali sejumlah fitur terbaru seperti head unit double din dengan layar model floating display, cruise control, sunroof, dan tombol start/stop engine.

5. Toyota bZ4X

Beberapa waktu lalu, Toyota Motor Corp telah mengumumkan detail dari mobil listrik baterai Toyota bZ4X. Mobil listrik bZ4X ini dijadwalkan meluncur mulai pertengahan 2022 dan tujuh model bZ lainnya akan dihadirkan pada 2025.

All-New Toyota bZ4X mengadopsi platform khusus BEV berdasarkan filosofi e-TNGA, yang pertama untuk Toyota. Pada varian khusus, All-New Toyota bZ4X akan dilengkapi atap panel surya. Listrik yang dihasilkan setara untuk jarak mengemudi 1.800 km per tahun. Mobil ini juga bisa mengisi daya di tempat parkir tanpa stasiun pengisian daya.

Listrik dari tenaga surya tadi bahkan dapat digunakan untuk kebutuhan lain, seperti mengisi daya dalam bencana atau keadaan darurat lainnya. Mobil listrik baterai All-New Toyota bZ4X mengadospi Toyota Safety Sense paling mutakhir untuk mewujudkan keinginan tidak ada korban jiwa dan cedera dalam kecelakaan lalu lintas.

Baca: Daftar Lengkap Mobil Baru yang Diluncurkan Sepanjang 2021

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

#Mobil Listrik
#Produsen Mobil
#Wuling
#Hyundai Ioniq
#Chery QQ Ice Cream
#Suzuki
#Toyota bZ4X

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi