Tips Mengatasi Kabel Kopling Mobil Putus di Tengah Jalan
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 29 Oktober 2021 12:00 WIB
Ilustrasi wajah tegang wanita saat mengemudi.

GOOTO.COM, Jakarta - Kondisi bahaya di tengah jalan kemungkinan bakal selalu menghantui para pengemudi mobil. Salah satu masalah darurat yang bisa terjadi di pertengahan jalan adalah putusnya kabel kopling mobil.

Kabel kopling sendiri adalah salah satu komponen pentung yang ada di dalam bodi mobil. Hal ini membuat pengguna mobil tidak mengetahui adanya kerusakan yang terjadi pada komponen tersebut.

Namun, pengendara bisa mengetahui pertanda bahwa kabel kopling mobilnya tengah putus. Setidaknya ada dua ciri-ciri yang bisa Anda ketahui jika hal tersebut terjadi.

Pertama, rasa injakan pedal kopling mengalami perubahan signifikan. Jika pedalnya terasa longgar tak seperti biasanya, maka dapat dipastikan jika kabel kopling mobil Anda mengalami masalah.

Kedua, Anda bisa lakukan dengan cara manual, yakni dengan melakukan pengecekan komponen mobil. Pastikan jika pengecekan itu dilakukan oleh orang yang ahli dalam bidang otomotif.

Setiap mobil diketahui memiliki komponen kabel kopling yang berbeda-beda. Dengan kata lain, setiap kendaraan punya acara berbeda-beda dalam memperbaikinya.

Maka dari itu, dalam kesempatan ini kami akan mengulas bagaimana cara atau tips mengatasi kabel kopling mobil Toyota Avanza yang putus di tengah jalan. Berikut ulasannya, dikutip dari Auto2000:

  1. Ketika merasakan adanya tanda kabel kopling putus, maka pengendara disarankan untuk berhenti di pinggir jalan dan mematikan mesin.
  2. Anda juga diminta untuk memposisikan tuag gigi di posisi 2, bukan posisi 1. Hal ini dilakukan agar nantinya mobil lebih mudah dinyalakan.
  3. Lalu, pengemudi bisa menyalakan mobil dan berjalan perlahan dengan kecepatan rendah dan menjaga jarak dengan kendaraan lain. Karena, kopling putus sendiri bisa berpotensi menabrak mobil lain saat pengereman.
  4. Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah membawa mobil Avanza tersebut ke bengkel resmi.

Baca: Keselamatan Berkendara: Tips Menghindari Tabrakan dari Arah Berlawan

AUTO2000

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-installaplikasi Telegram terlebih dahulu.

#Kopling Mobil
#Tips
#Mobil
#Kendaraan
#Auto2000

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi