Keselamatan Berkendara: Tips Menghindari Tabrakan dari Arah Berlawan
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 27 Oktober 2021 13:07 WIB
Ilustrasi wanita kurang percaya diri mengemudi saat bersama pacarnya. (car advice)

GOOTO.COM, JakartaKeselamatan berkendara tetap harus dijaga oleh para pengemudi, khususnya bagi mereka yang melewati jalan dua jalur tanpa sekat. Kondisi ini berpotensi memunculkan kecelakaan atau tabrakan dari arah berlawanan.

Terkhusus bagi pengemudi mobil, mereka disarankan untu berhati-hati ketika menyalip. Tak hanya itu, para pengguna mobil juga harus waspada dengan motor yang sedang menyalip dari arah berlawanan.

Agar para pengendara mobil bisa menghindari tabrakan motor dari arah depan, maka mereka harus menerapkan beberapa tips keselamatan berkendara. Dengan kata lain, sopir diharuskan menerapkan prinsip safety driving selama perjalanan.

Tips pertama yang harus dilakukan para pengemudi kendaraan roda empat adalah menjaga konsentrasi. Diingatkan kembali bahwa dalam mengemudi, sopir tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas lain.

Selanjutnya, pandangan sopir harus fokus ke depan untuk menganalisa situasi jalan. Jika tiba-tiba ada kendaraan yang muncul dari arah berlawanan dan brepotensi bahaya, maka Anda bisa bereaksi dengan baik.

Lalu, sopir juga diminta untuk mengecek situasi ketika ingin berbelok ke arah kanan di jalan persimpangan. Terkadang, situasi ini sering menimbulkan insiden kecelakaan. Maka dari itu, jaga kecepatan Anda serta patuhi rambu-rambu lalu lintas.

Tips keselamatan berkendara lainnya adalah dengan mematuhi marka jalan. Pastikan jika mobil Anda berada di jalur yang tepat, dan tidak menghantam kendaraan lain dari arah berlawanan.

Menjaga kesabaran juga menjadi hal terpenting dalam tips keselamatan berkendara. Sopir diminta untuk bersabar dan menunggu ketika situasi tidak memungkinkan untuk menyalip kendaraan lain.

Baca: Keselamatan Berkendara: Tips Naik Motor di Tengah Hujan

AUTO2000

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-installaplikasi Telegram terlebih dahulu.

#Keselamatan Berkendara
#Tips
#tabrakan
#Mobil
#Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi