Keselamatan Berkendara: Tips Naik Motor di Tengah Hujan
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 23 Oktober 2021 16:32 WIB
Ilustrasi naik sepeda motor di saat hujan. (Yamaha)

GOOTO.COM, Jakarta - Memasuki akhir tahun 2021, sejumlah wilayah Jabodetabek mulai dilanda musim hujan. Situasi ini pun harus diperhatikan lebih, khususnya para pengendara motor. Setidaknya, mereka mengetahui tips keselamatan berkendara di saat hujan.

Terkait hal itu, Manager Promosi Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan-Bengkulu), Wiranata P. Ilahi, menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengendara motor. Ia pun turut membagikan tips keselamatan berkendara.

“Mengendarai sepeda motor saat hujan membuat pengguna motor perlu memperhatikan beberapa hal yang mendukung keselamatan berkendara bersama. Dengan tantangan berbeda yang dihadapi ketika hujan, kami memberikan tips yang dapat diterapkan untuk kelancaran aktivitas berkendara,” katanya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut tips keselamatan berkendara bagi pengendara motor saat hujan versi Yamaha:

Mempersiapkan Diri

Sebelum jauh melangkah dengan motor, Anda disarankan untuk mengecek kondisi badan terlebih dahulu. Pastikan jika Anda dalam kondisi prima saat berkendara di tengah hujan.

Hal ini nantinya bisa memengaruhi tingkat fokus seseorang dalam berkendara. Selain itu, tubuh Anda pun dipastikan tidak mudah terserang penyakit usai basah-basahan di jalan.

Cek Lampu Motor

Selain kondisi badan, pengendara juga diminta untuk mengecek lampu motor sebelum berjalan di musim hujan. Ini berfungsi untuk memperjelas kondisi jalan Anda di tengah-tengah hujan.

Tak hanya lampu depan saja, Anda juga harus memastikan lampu bagian belakang menyala. Karena dengan begitu, motor Anda akan terlihat oleh pengendara lain, meski hujan turun dengan lebat.

Pakai Jas Hujan

Jas hujan sangat penting bagi para pengendara motor untuk menjaga kondisi tubuh. Selain melindungi diri dari kedinginan, Anda juga bisa menjaga tas atau barang bawaan agar tidak basah.

Dalam pemilihan jenis jas hujan, pengendara disarankan untuk menggunakan model setelan. Karena dengan begitu, Anda akan meminimalisir insiden jas hujan menyangkut di ban atau rantai motor.

Perhatikan Gaya Berkendara

Ketika mengendarai motor di tengah hujan, Anda harus mengubah gaya berkendara. Pengendara diminta untuk berhati-hati ketika ingin nge-gas dan pengereman. Setiap orang disarankan untuk melakukannya dengan perlahan dan halus.

Baca: Simak Tips Mengganti dan Menyetel Rantai Motor Menurut Yamaha

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-installaplikasi Telegram terlebih dahulu.

#Keselamatan Berkendara
#Tips
#Motor
#Hujan
#Jas hujan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi