Toyota Fortuner Vs Mitsubishi Pajero Sport, Siapa Lebih Laris?
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 1 Juni 2020 16:16 WIB
Render Toyota Fortuner 2021. Sumber: autoindustriya.com

GOOTO.COM, Jakarta -  Toyota Fortuner facelift akan menjalani debut global di Thailand pada 4 Juni 2020. Selanjutnya, peluncuran akan dilakukan negara-negara lain, termasuk Indonesia. Fortuner merupakan yang mengisi segmen SUV medium, bersaing ketat dengan Mitsubishi Pajero Sport. Di segmen ini juga hadir kompetitor lain seperti Nissan Terra dan Isuzu mu-X.

Dari nama-nama tersebut, persaingan Fortuner vs Pajero Sport yang paling menarik. Keduanya silih berganti memimpin penjualan (wholesales) bulanan sepanjang tahun 2019. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januari-Desember 2019, Pajero Sport unggul tipis dengan penjualan 18.238 unit. Sedangkan Fortuner sebesar 17.204 unit.

Rivalitas ini berlanjut di tahun 2020. Pada Januari 2020, Pajero Sport terjual 1.417 unit, Fortner hanya 1.097 unit. Bulan Februari gantian Fortuner mengungguli Pajero Sport dengan angka penjualan 1.700 unit berbanding 1.161 unit.

Saat pandemi virus corona baru (Covid-19) mulai mewabah di Indonesia di bulan Maret, Fortuner masih melanjutkan keperkasaan penjualannya dengan catatan 1.818 unit, sedangkan Pajero Sport merosot ke angka 951 unit.

Mitsubishi Pajero Sport Facelift yang meluncur di Thailand. Sumber: headlightmag.com

Pada April lalu, saat banyak daerah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk meredam penyebaran virus corona, penjualan Fortuner anjlok ke angka 252 unit dan Pajero Sport 83 unit.

Persaingan kedua SUV ladder frame itu bisa semakin menarik di sisa akhir tahun ini. Fortuner yang debut di Thailand pada 4 Juni, diperkirakan juga segera diluncurkan di Indonesia. Tempo memperkirakan peluncuran Fortuner facelift akan dilakukan pada Agustus atau Oktober mendatang saat pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) digelar.

Bagaimana dengan Mitsubishi Pajero Sport? Model ini sebenarnya lebih dulu melakukan facelift pada Juli 2019. Sayangnya, model facelift tidak didatangkan ke Indonesia. Besar kemungkinan baru akan dipasarkan di Indonesia pada akhir tahun ini untuk menghadang Fortuner facelift.

#Toyota Fortuner
#Mitsubishi Pajero Sport
#Mitsubishi Pajero
#Toyota Fortuner Facelift

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi