Fortuner Facelift Akan Dibekali Fitur Canggih Toyota Safety Sense
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 3 Juni 2020 18:03 WIB
Render Toyota Fortuner 2021. Sumber: kolesa.ru

GOOTO.COM, JakartaToyota Fortuner facelift dan Toyota Hilux facelift dikabarkan bakal menjalani debut global di Thailand pada 4 Juni 2020. Informasi menarik dari kedua model itu kini dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih yang disebut Toyota Safety Sense.

Toyota Safety Sense merupakan perangkat keselamatan yang telah dikembangkan Toyota Motor Corp untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas. Seminimal mungkin.

Menurut laporan headlightmag.com, Toyota Safety Sense di Toyota Fortuner dan Toyota Hilux terbaru terdiri dari paket keselamatan mutakhir yang juga disematkan pada produk-produk terbaru Toyota.

Secara garis besar, fitur keselamatan itu terdiri Pre-Collision Warning dengan automatic brake, departure warning system dengan automatic steering delay, dan variable speed dynamic radar cruise control. 

Pre-Collision warning berfungsi untuk mendeteksi keberadaan kendaraan di depan dengan mengandalkan sensor radar dan kamera yang dipasang di depan. Cara kerjanya, saat sistem melihat adanya kemungkingan terjadi tabrakan, sistem ini langsung memperingatkan pengemudi agar segera melakukan manuver untuk menghindar. Jika tak direspons, sistem langsung mengintervensi dengan melakukan pengereman secara otomatis (automatic brake).

Fitur Lane Departure Warning System ini mirip mendekati fitur yang ada pada mobil otonom, yakni mengoreksi setir ketika mobil berpindah jalur saat berkendara dan berpotensi untuk tabrakan. Sistem ini bekerja dengan membaca marka jalan (garis pembatas pada jalan) melalui sebuah sensor yang dipasang di bagian depan.

Sederhananya, jika pengemudi ngantuk atau tidak berkonsentrasi saat melaju di jalan bebas hambatan, kemudian mobil berpindah lajur, maka setir akan secara otomatis mengembalikan mobil ke jalur semula.

Berikutnya adalah Variable Speed Dynamic Radar Criuse Control. Fitur ini sama seperti yang kita kenal selama ini yakni Adaptive Cruise Control, tapi telah dikembangkan. Cara kerjanya, mengikuti laju mobil di depan saat berkendara namun bisa diatur jarak dan kecepatan mobilnya (di atas 50 kilometer per jam).

Menariknya, saat mobil di depan melambat, fitur ini akan membuat mobil ikut melambat dan menjaga jarak aman. Mobil akan kembali berakselerasi jika mobil di depan menambah kecepatan. Satu tambahan lagi, jika ada mobil lain tiba-tiba memotong jalur di depan saat fitur ini aktif, maka secara otomatis fitur ini akan mengantisipasinya agar tidak terjadi benturan.

Berkat paket fitur keselamatan ini, Toyota Alphard/Velfire, Toyota Raize, dan Toyota RAV4 mendapatkan nilai tertinggi dalam uji tabrak Japan New Car Assessment Program (JNCAP) baru-baru ini. 

Menarik disimak informasi detail mengenai fitur canggih Toyota Safety Sense pada Toyota Fortuner facelift

#Fortuner Facelift
#Toyota Safety Sense
#Toyota Alphard
#Toyota Raize
#Toyota RAV4
#JNCAP

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi