Hadapi Fortuner Facelift, Mitsubishi Pajero Sport Terbaru Meluncur Oktober?
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 7 Oktober 2020 17:43 WIB
Mitsubishi Pajero Sport Elite Edition
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan akan meluncurkan Toyota Fortuner facelift di Indonesia dalam waktu  dekat ini. "Kami sedang persiapkan," kata Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy kepada Tempo, Senin, 5 Oktober 2020. Sumber Tempo memperkirakan peluncuran akan dilakukan pada 15 Oktober 2020 bersamaan dengan Toyota Kijang Innova facelift. Foto-foto kedua mobil dikirim ke dealer ramai beredar di media sosial. Fortuner merupakan rival berat Mitsubishi Pajero Sport. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Fortuner facelift debut di Thailand 4 Juni 2020. Sedangkan Pajero Sport facelift meluncur di negara yang sama pada 25 Juli 2019. Hanya saja, Pajero Sport facelift belum dibawa ke Indonesia hingga saat ini. 

Mitsubishi menghadirkan Pajero Sport Facelift, kini, di Thailand hadir pula Pajero Elite Edition. Sumber: headlightmag.com

Meski demikian, kemungkinan besar Pajero Sport facelift akan segera meluncur di Indonesia untuk mengimbangi Toyota Fortuner facelift. Sebuah undangan dengan judul 'Media First Impression Preview' untuk 14 Oktober 2020 masuk ke email redaksi Tempo. Sayang, management PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, belum menanggapi pertanyaan yang diajukan Tempo terkait model yang akan dipamerkan tersebut hingga berita ini diturunkan. 

Pajero Sport dan Fortuner merupakan rival sengit di segmen SUV ladder frame. Selain kedua model itu, ada Isuzu mu-X dan Nissan Terra yang bermain di segmen yang sama. 

Toyota Fortuner baru telah diluncurkan di Thailand. Sumber: Toyota

Fortuner dan Pajero Sport silih berganti memimpin penjualan (wholesales) bulanan sepanjang tahun 2019. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januari-Desember 2019, Pajero Sport unggul tipis dengan penjualan 18.238 unit. Sedangkan Fortuner sebesar 17.204 unit.

Rivalitas ini berlanjut di tahun 2020. Pada Januari 2020, Pajero Sport terjual 1.417 unit, Fortner hanya 1.097 unit. Bulan Februari gantian Fortuner mengungguli Pajero Sport dengan angka penjualan 1.700 unit berbanding 1.161 unit.

Saat pandemi virus corona baru (Covid-19) mulai mewabah di Indonesia di bulan Maret, Fortuner masih melanjutkan keperkasaan penjualannya dengan catatan 1.818 unit, sedangkan Pajero Sport merosot ke angka 951 unit. 

Toyota Fortuner baru telah diluncurkan di Thailand. Sumber: Toyota

Penjualan keduanya mulai menyusut di bulan April dengan angka 252 unit (Fortuner) dan 83 unit (Pajero Sport). Penjualan di Mei semakin turun. Fortuner hanya mengirimkan sebanyak 293 unit, sedangkan Pajero Sport 324 unit. Di bulan Juli, penjualan Fortuner mulai membaik dengan angka 1.667 unit, sementara Pajero Sport 703 unit. Di bulan Agustus, penjualan keduanya turun dengan angka 294 unit (Fortuner) dan 625 unit (Pajero Sport). 

Periode Januari - Agustus ini total penjualan Fortuner mencapai 7.121 unit. Sedangkan Pajero Sport sebesar 5.264 unit. 

Pantau terus perkembangan terkini Toyota Fortuner facelift dan Mitsubishi Pajero Sport facelift di Tempo.co dan Gooto.com. 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi