Fitur Unggulan Mitsubishi Pajero Sport yang Sangat Berguna Saat Perjalanan Jauh
Reporter: Inforial
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 3 Mei 2024 12:48 WIB
Mitsubishi Pajero Sport. (Foto: Gooto)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMitsubishi Pajero Sport sebagai salah satu Sport Utility Vehicle (SUV) dihadirkan sangat impresif dengan kemasan dimensi yang gagah, interior mewah, dan mesin berperforma kuat. Bagi yang gemar mengemudi, Pajero Sport memberikan pengalaman berkendara terutama berkendara jauh dan hal ini tim Tempo rasakan saat melakukan perjalanan liputan mudik Lebaran lalu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meski Mitsubishi Pajero Sport sebagai SUV 7-seater, namun tetap menghadirkan muat barang yang lapang untuk berpergian jauh. selain itu performa anda juga dirasakan oleh tim Tempo ketika bermanuver dijalan tol kemarin,dari mesin dieselnya yang memiliki 4 silinder 2.4L MIVEC Turbo Charger mampu membuat mobil ini lebih bergegas dan tetap efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Mitsubishi Pajero Sport memiliki dimensi yang memadai sebagai sebuah SUV. Perihal panjangnya mencapai 4.825 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 11.835 mm. Bentuknya memang terlihat pipih meski ground clearance di angka 218 mm.

Mitsubishi Pajero Sport sudah dikenal sebagai salah satu pilihan Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia. Meskipun persaingan di kelasnya sangat ketat, namun SUV 7-seater ini punya beragam keunggulan berbanding kompetitornya dan hal ini menjadi pertimbangan untuk dimiliki konsumen yang gemar akan mobil gagah.

Tampilan memikat dari Mitsubishi Pajero Sport adalah desain lampu depan yang kini andalkan LED dan juga DRL. Tim Tempo merasakan bahwa selain membuat tampilan semakin memikat lampu LED dan DRL yang disematkan di Pajero Sport ini memberikan pandangan lebih baik saat berkendara malam namun tidak mengganggu pandangan pengendara lain dari lawan arah. Terdapat juga active cornering lamp yang sangat membantu pengendara lebih mudah melihat saat berada di tikungan.

Selain itu, Mitsubishi Pajero Sport memiliki dimensi yang memadai sebagai sebuah SUV, tidak terlalu besar karena saat kami membawa masih bisa bermanuver di kepadatan lalu lintas yang saat itu memang terjadi antrian untuk masuk ke jalur One Way. Di atas kertas, perihal dimensinya memiliki panjang mencapai 4.825 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 11.835 mm. Bentuknya memang terlihat pipih meski ground clearance di angka 218 mm.

Paling impresif saat tim Tempo membawa Mitsubishi Pajero Sport ini adalah mesin diesel 4 silinder 2.4L MIVEC Turbo Charger. Melewati jalur bebas hambatan, performa kuat kami dapatkan melalui pedal gas yang terbilang cukup ringan untuk dipijak. Kemudi terpegang mantap dan mampu mengarahkan moncong mobil ke posisi yang diinginkan, terutama saat menyalip kendaraan di depan.

Berada di ruang kabin Mitsubishi Pajero Sport memberikan impresi pengalaman tersendiri, terutama bagi yang gemar berkendara akan lebih mantap berada di ruang kokpit. Tim Tempo mendapati lebih mudah mendapatkan posisi berkendara karena penyetelan jok secara elektrik, sementara untuk lingkar kemudi dapat disetel secara manual untuk teleskopik dan tiltnya.

Jarak pandang ke depan Mitsubishi Pajero Sport kami temui sangat baik karena pilar A tidak terlalu mengganggu begitu juga penempatan pilar B memberikan pengendara bisa lebih waspada andai kendaraan dari belakang atau samping tak terlihat dari kaca spion.

Di lingkar kemudi terdapat banyak tombol operasional yang memudahkan tangan kami tetap terkonsentrasi memegang setir. Dapat digunakan untuk mengontrol audio, hingga untuk cruise control.

Panel Instrumen Mitsubishi Pajero Sport. (Foto: Mitsubishi)

Mitsubishi Pajero Sport yang kami kendarai ini telah menggunakan meter cluster LCD yang layarnya terbilang impresif dari tampilan berwarna dan juga berukuran besar mencapai 8 inci. Sehingga kami bisa lebih memantau dengan mudah kondisi mobil, mulai dari kecepatan, putaran mesin, bahan bakar, penunjuk waktu, serta di tengahnya ada simulasi mobil Mitsubishi Pajero Sport sebagai indikator Active Cruise Control (ACC). 

head Unit Mitsubishi Pajero Sport. (Foto: Mitsubishi)

Menjumpai LCD touch screen selebar 8 inci terpasang di bagian tengah dasbor, menjadi layar informasi dan juga entertainment karena dapat terkoneksi dengan smartphone. Bahkan memudahkan kami saat memilih koleksi lagu melalui USB atau Bluetooth. Pengendara juga bisa melakukan panggilan atau menjawab panggilan telepon menggunakan perintah suara.

Apabila sudah terkoneksi dengan smartphone dengan terlebih dahulu mendownload aplikasi tersedia, bisa mengakses navigasi sehingga mempermudah untuk melakukan perjalanan.

Mitsubishi Pajero Sport hadirkan kemewahan di baris kedua dan ketiga. (Foto: Gooto/Dimas Prassetyo)

Menjadi penumpang di baris kedua dan ketiga Mitsubishi Pajero Sport dipermudah dengan berbagai kenyamanan. Embusan AC yang merata ke bagian belakang, hingga kompartemen untuk penempatan barang sesuai dengan kebutuhan penumpang. Tidak hanya koneksi sumber tenaga untuk ponsel, namun tersedia pula untuk colokan listrik rumah. Hal ini memudahkan tim Tempo untuk melakukan pengisian ulang baterai laptop ketika perjalanan jauh.

Kursi penumpang dibalut material yang sama dengan jok baris depan yakni material kulit. Sehingga memberikan kemewahan selama perjalanan. Baris kedua terdapat sandaran tangan dan juga cup holder.

Mitsubishi Pajero Sport dikemas dengan kenyamanan sebagai 7-seater, namun tetap menghadirkan muat barang yang memadai untuk penyimpanan barang untuk bagasi belakang. Kami bisa menempatkan banyak barang di bagasi ini.

Penggunaan remote melalui smart phone untuk Mitsubishi Pajero Sport. (Foto: Mitsubishi)

Pengguna kini dipermudah dengan menggunakan remote kunci atau cukup dengan menggerakkan kaki di bagian bawah bumper, bisa otomatis membuka bagasi dengan mudah. Bukaan pintu bagasi juga terdapat memory, sehingga tidak perlu membuka penuh sehingga mempercepat untuk menutup kembali bagasi.

kokpit Mitsubishi Pajero Sport. (Foto: Gooto/Dimas Prassetyo)

Jantung dari Mitsubishi Pajero Sport adalah mesin diesel 4 silinder 2.4L MIVEC Turbocharged. Lebih tepatnya berkapasitas 2.442 cc mampu kerahkan tenaga hingga 178 hp pada 3.500 rpm, serta torsinya berlimpah dengan 420 Nm pada 2.500 rpm.

Hal inilah yang membuat Pajero Sport ini bisa melaju kencang di berbagai kondisi jalan, namun konsumsi bahan bakar tetap memberikan senyuman karena lebih efisien berbanding kompetitor di kelasnya.

Melaju konstan di jalur bebas hambatan, mesin Mitsubishi Pajero Sport menyuguhkan performa yang kuat. Terbilang mudah untuk menyalip kendaraan di depan, karena sekali kick down SUV ini tak kerepotan menyentuh kecepatan tinggi.

Terbantukan oleh transmisi otomatis delapan percepatan, inilah yang membuat Mitsubishi Pajero Sport bisa lebih irit dalam penggunaan bahan bakar selama perjalanan jauh. Atau saat meluncur konstan di jalur bebas hambatan.

Meskipun begitu, transmisi otomatis delapan percepatan dapat dimainkan oleh pengendara melalui tuas transmisi atau melalui paddle shift di bawah lingkar kemudi. Hal ini kami temui saat melewati jalur Nagrek, mobil dapat melaju spontan ketika ingin berakselerasi untuk melewati kendaraan di depan.

Pelek 18 inci membuat Mitsubishi Pajero Sport ini terlihat lebih gagah dan andal digunakan melibas jalur offroad. Meskipun begitu, berkat penataan suspensi double wishbone di bagian depan dan 3-link type rigid axle di bagian belakang membuat SUV 7-seater ini tetap melaju nyaman di jalur aspal. Karena ban menggunakan profil 265/60 R18, suara tidak terlalu mengganggu ketika mobil melaju kencang.

Sistem pengereman  untuk bagian depan memakai cakram berventilasi, begitu juga dengan rem belakang gunakan cakram memastikan Mitsubishi Pajero Sport dapat dikendalikan lajunya dengan mantap dan percaya diri. 

Perlindungan selama perjalanan dengan Mitsubishi Pajero Sport memberikan ketenangan pengendara dan seluruh penumpangnya. Karena sudah ada fitur menghindari benturan dengan kendaraan depan yakni Forward Collision Mitigation System (FCM). Kendaraan akan memberikan peringatan dan melakukan pengereman otomatis, sehingga pengendara bisa lebih waspada. Indikator “Brake” akan terlihat di LCD panel instrumen.

Mempermudah pengendara menjaga kecepatan di jalur bebas hambatan, Mitsubishi Pajero Sport sudah terdapat Adaptive Cruise Control (ACC). Bisa secara otomatis menjaga jarak dengan kendaraan di depan, memanfaatkan radar. Apabila kendaraan di depan sudah menepi, laju mobil akan kembali sesuai dengan kecepatan yang disetel di cruise control.

Selain itu terdapat fitur Blind Spot Warning (BSW) yang membantu pengendara mewaspadai ada kendaraan tak terlihat di bagian belakang Mitsubishi Pajero Sport. Dan, adanya Lane Change Assist (LCA) memberikan peringatan berupa suara atau kelipan di ujung spion bila ada kendaraan di belakang, sehingga lebih siap ketika pengendara ingin berpindah lajur.

Rear Cross Traffic Alert (RCTA) memanfaatkan radar memberikan kewaspadaan tambahan kepada pengendara ketika ingin keluar dari parkiran saat menggunakan gigi mundur.

ABS dengan EBD dan Brake Assist memberikan pengereman lebih optimal apabila melakukan pengereman kuat, dan pengendara juga masih bisa mengontrol kendaraan untuk menghindari terjadinya insiden.

(***)

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi