Mitsubishi Pajero Jadi Mobil Bersejarah Industri Jepang
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 8 November 2023 09:52 WIB
Mitsubishi Pajero produksi pertama tahun 1982. (Foto: Mitsubishi Motors)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMitsubishi Motors Corporation (Mitsubishi Motors) mengumumkan bahwa Mitsubishi Pajero generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 1982 telah dipilih oleh Japan Automotive Hall of Fame (JAHFA). Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut sebagai salah satu Mobil Bersejarah atas kontribusinya yang luar biasa terhadap sejarah otomotif Jepang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mitsubishi Pajero pertama diluncurkan pada tahun 1982 sebagai kendaraan 4WD off-road lengkap yang menggabungkan penanganan off-road yang sangat baik dengan kemudahan penggunaan mobil penumpang.

Mobil ini telah mendapatkan dukungan dari banyak pelanggan dan memantapkan posisi yang kokoh sebagai salah satu pemimpin dalam booming kendaraan rekreasi dan 4WD di Jepang. Sebanyak 3,25 juta Mitsubishi Pajero diproduksi dalam empat generasi hingga produksinya berakhir pada tahun 2021. 

Menurut Mitsubishi Motors bahwa Mitsubishi Pajero tersebut telah diekspor ke lebih dari 170 negara dan dicintai oleh penggemarnya di seluruh dunia. 

Mitsubishi Pajero Dakar ikut tahun 1985. (Foto: Mitsubishi Motors)

Di Jepang sendiri, Mitsubishi Pajero menjadi salah satu seri ikonik Mitsubishi Motors, menambahkan model seperti Pajero Mini kei-car ke jajarannya pada tahun 1994, SUV kompak Pajero Junior pada tahun 1995, dan SUV kompak Pajero iO pada tahun 1998.

Di arena motor sports, Mitsubishi Pajero pertama kali berkompetisi di Reli Dakar, yang memiliki reputasi sebagai reli terberat di dunia, dimulai pada tahun 1983, dan meraih kemenangan keseluruhan pada tahun 1985, yang pertama bagi kendaraan Jepang. 

Mitsubishi Pajero berkompetisi di reli Dakar sebanyak 26 kali pada tahun-tahun menjelang 2009 dan meraih total 12 kemenangan keseluruhan, termasuk tujuh kemenangan berturut-turut, menunjukkan penanganan jalan raya dan ketahanan yang sangat baik. 

Pengetahuan yang diperoleh melalui pengalaman motor sports dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tarik produk Mitsubishi Pajero dan model produksi lainnya. Teknologi kendali semua roda serta teknologi ketahanan dan keandalannya hidup sebagai teknologi inti yang menjadikan kendaraan Mitsubishi Motors seperti apa adanya.

Saat ini, SUV lintas alam Mitsubishi Pajero Sport meneruskan silsilah Pajero dan dijual di lebih dari 80 negara di seluruh dunia. Berdasarkan keandalannya yang didukung oleh teknologi yang memberikan keramahan lingkungan, keselamatan, ketenangan pikiran dan kenyamanan, Mitsubishi Motors akan terus menawarkan gaya hidup mobilitas yang memuaskan yang membangkitkan semangat petualang para pengemudi.

Pilihan Editor: Mitsubishi Xforce Raih VMARK Vietnam Design Award 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi