Tesla Hadapi Lobi Gencar Texas dan Oklahoma
Reporter: Bisnis.com
Editor: Jobpie Sugiharto
Rabu, 15 Juli 2020 18:54 WIB
Seorang pekerja keluar dari kendaraan listrik Tesla Model 3 di pabrik kendaraan utama Tesla setelah CEO Elon Musk mengumumkan bahwa ia menentang Lockdown terkait wabah Virus Corona dengan membuka kembali pabriknya di Fremont, California, AS, 11 Mei 2020. REUTERS/Stephen Lam
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pemerintah Texas menjanjikan keringanan pajak jutaan dolar kepada Tesla jika mau membangun pabrik di sana.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tesla adalah produsen kendaraan listrik dari Amerika Serikat.

Belakangan Texas bersaing dengan Oklahama untuk menarik pabrik baru yang akan memproduksi kendaraan utilitas dan cybertruck Tesla Y.

Kota Tulsa, Negara Bagian Oklahoma, sudah lebih dahulu berkampanye agar Tesla membangun pabrik di daerah itu.

Dikutip Bisnis.com dari Reuters hari ini, Rabu, 15 Juli 2020. kedua pemerintah negara bagian itu menyetujui memberikan keringanan pajak setidaknya 14,7 juta dolar Amerika Serikat (setara Rp 214,4 miliar).

Tesla hanya memiliki pabrik manufaktur kendaraan tunggal di California. Perusahaan pun memutuskan akan membangun pabrik besar kedua di barat daya Amerika Serikat pada kuartal III 2020.

Tesla telah meminta Travis County di Austin, Texas, untuk memberikan potongan harga 80 persen untuk pajak properti selama 10 tahun (sekitar 14,7 juta dolar AS), serta memberikan potongan harga 65 persen untuk 10 tahun ke depan.

Menurut Tesla, pabriknya akan menciptakan lapangan pekerjaan untuk 5 ribu orang yang mayoritas berketerampilan rendah.

Gaji tahunan pekerja dari Tesla rata-rata 47 ribu dolar AS. Namun, pendapatan itu dianggap rendah oleh Divisi Kesehatan dan Layanan Masyarakat Travis, Texas.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi