Ban Mobil Baru Bisakah Kedaluwarsa, Simak Debatnya
Reporter: Non Koresponden
Editor: Jobpie Sugiharto
Senin, 3 Agustus 2020 21:27 WIB
Ilustrasi ban mobil. Sumber: carscoops.com

GOOTO.COM, Jakarta -  Segala yang kedaluwarsa pasti menjadi sorotan. Bukan cuma makanan, ternyata ban mobil juga bisa kedaluwarsa.

Ban mobil berusia 5 tahun ke atas, meski masih baru keluaran gudang disebut kedaluwarsa dan bisa berbahaya bagi penggunannya. Viral di Facebook tentang ban mobil kedaluwarsa berikut cara mengetahuinya.

Pesan yang telah dibagikan ulang ratusan kali itu menyebutkan, ban mobil baru yang sudah berusia di atas 5 tahun maka karetnya mengeras sehingga rawan memicu  kecelakaan.

Ban mobil kedaluwarsa itulah yang dijual murah dengan diskon besar-besaran oleh sejumlah toko.

Menurut PT Hankook Tire Indonesia, perusahaan ban asal Korsel yang memiliki pabrik moderen di Cikarang, ban mobil yang terbuat dari olahan karet tidak memiliki masa kedaluwarsa.

“Jadi selama penyimpanannya baik, tidak kena panas dan lembab, ban tetap tahan dan awet,” kata Ade Mahendra, Assistant Manager Humas PT Hankook kepada Bisnis.com pada Minggu lalu, 2 Agustus 2020.

Ade menjelaskan angka tahun di badan ban merupakan penanda tahun produksi. Angka itu sama sekali tidak berhubungan dengan habisnya masa pakai ban mobil seperti kata penulis kabar yang viral di Facebook.

Pabrikan otomotif Suzuki berpendapat lain. Ban mobil yang sudah berumur lebih dari tahun harus harus diganti.

Menurut lapam Suzuki pada 19 Agustus 2019 yang dikutip Tempo, ban mobil bahan utamanya adalah karet yang elastis.

Kelenturan karet ban mobil akan terus berubah seiring waktu. Semakin lama, karet akan semakin berkurang tingkat elastisitasnya, sampai akhirnya menjadi getas karena sudah kehilangan kelenturan sama sekali.

Usia yang ideal ban adalah maksimal 3 tahun sehingga lebih dari itu selayaknya diganti.

Suzuki berpendapat bahkan meski kembangnya (alur ban) masih tebal karena mobil jarang digunakan, ban yang berusia lebih dari 3 tahun biasanya sudah mengeras atau tidak lagi lentur. Walhasil tak nyaman jika tetap digunakan.

Pendapat lain adalah masa pakai ban maksimal 6 tahun sejak diproduksi.

Inilah tips untuk mengetahui masa kedaluwarsa ban mobil. Pada ban terdapat tulisan kode produksi ban yang biasanya berada di bagian samping luar. Kode itu biasanya 5-8 digit kode angka.

Yang paling mudah adalah melihat 4 angka terakhir pada kode produksi ban mobil itu yang menandakan minggu dan tahun pembuatan.

Contohnya, "1218" maka ban mobil itu diproduksi pada minggu ke-12 tahun 2018.

#Ban Mobil
#Kedaluwarsa

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi