TAM Recall Toyota Kijang Innova karena Fuel Pump Rusak, Simak Gejalanya
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 5 Agustus 2020 20:48 WIB
Toyota Logo (REUTERS/Yuriko Nakao)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Toyota Astra Motor melakukan recall atau penarikan kembali sejumlah produk terkait masalah yang diduga terjadi pada fuel pump atau pompa bensin. Produk itu di antaranya adalah Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner, dan Toyota Hilux produksi 2017-2019, Toyota Alphard produksi 2017-2018, Toyota Corolla produksi 2018, Toyota FJ Cruiser produksi 2013-2014. Seluruh model yang ditarik menggunakan bahan bakar bensin. Totalnya mencapai 36 ribu unit. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dimas Ibrahim Aksa, Interactive Communication Department Head PT TAM, kepada Tempo, menjelaskan bahwa Toyota Motor Corporation menemukan bahwa potensi kerusakan pada fuel pump sejumlah model. “Ada indikasi di dalam fuel pump terdapat part atau bagian yang diduga mudah rusak,” kata Dimas, Rabu, 5 Agustus 2020.

Kerusakan itu, kata Dimas, akan membuat Electronic Computer Unit (ECU) akan membaca tekanan fuel pump tidak maksimal sehingga menyebabkan lampu indikator mesin (engine light) di meter cluster akan menyala. “Kemungkinannya mesin tiba-tiba mati karena pasokan bensin terhenti, atau saat dalam kondisi mesin mati akan sulit dihidupkan kembali,” ujar dia. 

Dimas mengklaim hingga saat ini belum ada laporan terkait kerusakan pada fuel pump sejumlah produk yang masuk daftar recall di Indonesia. “Indikasi fuel pump mengalami gejala kerusakan, mengeluarkan suara berisik yang tidak normal,” tutur dia.

Proses pengecekan dan penggantian Fuel Pump disebut tak memakan waktu lama, hanya berlangsung sekitar 2 jam hingga maksimal 4 jam. Biaya pergantian atau servis ini juga digratiskan.

Toyota juga mengklaim telah mengirimkan pemberitahuan melalui surat resmi kepada konsumen. Seluruh jaringan dealer Toyota juga dilibatkan untuk memastikan pelanggan bisa segera melakukan penggantian pompa bahan bakar tersebut.

Toyota juga merekomendasikan para pemilik kendaraan Toyota yang termasuk dalam program ini untuk segera mengecek kendaraannya. 

Untuk proses penggantian fuel pump, pelanggan disarankan melakukan booking service terlebih dulu, agar dealer bisa mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi