Aprilia Ramaikan Pasar Motor Besar Indonesia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 25 September 2008 09:46 WIB
otomotif
TEMPO Interaktif, Jakarta: Tanah Air akan semakin beragam. Secara resmi, selama ini, hanya Suzuki Indomobil dan PT Supermoto Indonesia yang memasarkan motor besar Suzuki dan Ducati di Indonesia.

Kini penghobi motor besar jenis sport dan supermoto akan mendapat pilihan anyar. Aprilia, merek sepeda motor ternama asal Italia dipastikan terjun ke pasar premium. Adalah PT Sentra Kreasi Niaga (SKN) – anak perusahaan Sun Motor Group, yang resmi menjadi distributor resmi Aprilia. Unit pertama akan diluncurkan awal Janurari 2009 mendatang.

Menurut Nugroho Tjandrakusuma, Presiden Direktur SKN, keputusan untuk memasarkan produk Aprilia dilandasi antusiasme tinggi masyarakat terhadap sepeda motor besar. "Kami yakin bahwa Aprilia akan mendapat tempat tersendiri di pasar sepeda motor yang sempit ini," ujar Nugroho di sela-sela buka bersama Piaggio Club Indonesia dan sejumlah jurnalis media massa nasional, Kamis, pekan lalu.

Tiga model Aprilia yang ditawarkan SKN yaitu jenis sport (Aprilia RS 125), Shiver 750 yang mewakili naked bike, serta jenis supermoto, Aprilia Dorsoduro 750. SKN mendatangkan langsung dari Italia.

Menurut hitungan awal, SKN mematok harga Aprilia RS 125 sebesar Rp 98 juta, Shiver 750 dipasarkan Rp 320 juta, dan Dorsoduro 750 dijual Rp 350 juta. "Itu harga on the road Jakarta," ujar Nugroho. Dengan segmen yang dituju kalangan hobi dan pasar khusus, SKN tidak berhitung besaran volume penjualan. "Setahun terjual 50 unit pun itu sudah bagus," ucap Nugroho santai.

Selama ini SKN menjadi distributor resmi merek yang bernaung dibawah Piaggio, yaitu Vespa dan Gilera. Secara global Aprilia memang telah menjadi bagian dari Piaggio yang membeli sebagian besar saham Aprilia.

Karena penjualan produk Piaggio terhitung sukses di Indonesia, maka SKN berinisiatif memasarkan Aprilia.

Sebelum mendatangkan Aprilia, SKN telah memperkenalkan merek lain dari Italia: Husqvarna, model trail dan supermoto, di ajang Indonesia International Motor Show 2008, Juli silam.

Motor yang menjadi kampiun di kelas supermotard di arena Supermoto World Championship ini secara resmi akan dirilis di muka publik pertengahan Oktober mendatang. Lima varian yang tersedia yaitu: SM 125 dan SM 610-ie (supermoto), SM 510R-ie (supermoto dengan special engine), WRE 125 (trail) dan TE 250-ie (trail dengan special engine). Harga yang ditawarkan antara Rp 87 juta hingga Rp 325 juta. Mau pilih yang mana? Husqvarna atau Aprilia?

Nugroho Adhi

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi