Ford Paling Memuaskan Versi SSI 2008
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 28 September 2008 19:55 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Ford meraih peringkat teratas dalam hal kepuasan pelanggan atas penjualan mobil baru menurut Studi J.D. Power Asia Pacific 2008 Indonesia Sales Satisfaction Index (SSI). Penilaian tahun ini berlangsung ketat karena tiga merek teratas hanya terpaut satu poin.

Dalam skala 1.000 poin, Ford meraih nilai SSI 762 poin dan mendapat nilai sangat baik dalam hal waktu pengiriman. Peringkat kedua ditempati Toyota (761) disusul Honda (760). Pada tahun kedelapan studi SSI di Indonesia ini, ada tujuh faktor yang dinilai, yaitu proses pengiriman, waktu pengiriman, transaksi, fasilitas dealer, tenaga penjualan, penanganan dokumen, dan inisiasi penjualan.

Studi ini dilakukan berdasarkan pada 2.687 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraannya dari dealer resmi pada periode antara Oktober 2007 dan Mei 2008. Kerja lapangan untuk studi ini dilakukan antara April dan Juli 2008.

SSI merupakan satu dari tiga studi yang dilakukan J.D. Power Asia Pacific di Indonesia selain Studi Customer Satisfaction Index (CSI), yang mengukur kepuasan pelanggan dengan layanan purna jual dealer resmi yang telah diumumkan Agustus 2008. Juga ada Initial Quality Study Indonesia, yang mengukur masalah yang dialami pemilik kendaraan baru, yang akan diumumkan pada Oktober mendatang.

Raju Febrian 

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi