3 Mobil Listrik Ini Segera Dipasarkan, Harga Mulai Rp 600 Jutaan
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 13 September 2020 21:11 WIB
Portable charger Hyundai Ioniq EV, bisa digunakan untuk mengisi daya baterai di rumah. 17 Agustus 2020. Hyundai Ioniq EV akan segera dipasarkan secara oleh HIMD di Indonesia dalam waktu dekat ini bersamaan dengan mobil listrik lainnya, Hyundai Kona EV. Hyundai Ioniq EV akan dipasarkan dengan harga Rp 600 jutaan. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPopulasi mobil listrik di Indonesia tampaknya akan semakin ramai. Sejumlah pabrikan sudah menyatakan kesiapannya untuk meluncurkan mobil listrik terbarunya. Di antaranya adalah Hyundai Motor. Produsen mobil asal Korea Selatan itu sudah memperkenalkan dua mobil listrik andalannya ke pejabat pemerintah maupun publik yakni Hyundai Ioniq EV dan Hyundai Kona EV. Tempo bahkan pernah melakukan test drive Hyundai Kona EV pada 14-18 Agustus 2020. Berikutnya adalah Nissan Leaf. Menurut Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi akan diluncurkan pada kuartal II tahun depan. Nissan Leaf merupakan mobil listrik murni yang beberapa hari lalu mencatat produksi ke-500 ribu unit di pabrik Nissan di Sunderland, Inggris. Mobil listrik Hyundai Ioniq saat diuji coba di Jakarta, 17 Agustus 2020. Kapasitas penuh baterai Ioniq listrik ini bisa digunakan untuk berkendara sejauh 373 kilometer berdasarkan standar WLTP (Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure). Cukup untuk dipakai melakukan perjalanan Jakarta-Bandung-Jakarta dalam sekali pengisian daya. TEMPO/Wawan PriyantoHyundai Ioniq EVPT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memang belum memastikan tanggal peluncuran mobil listriknya di Indonesia. Hanya saja, HMID sudah memperkenalkan Ioniq EV dan Kona EV ke sejumlah pejabat kementerian. Salah satunya adalah memamerkannya di area perkantoran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kamis, 13 Agustus 2020. HMID juga menggelar beberapa kali test drive Ioniq, termasuk secara eksklusif ke kalangan media. Informasi yang didapat Tempo, Ioniq EV nantinya akan dipasarkan dengan harga Rp 600 juta (on the road). Hyundai Ioniq dibekali baterai dengan kapasitas 38,3 kW. Dengan tarif PLN sekarang ini untuk charging mobil listrik, Rp 1.467 per kWh, sekitar Rp 60 ribuan yang diperlukan untuk mengisi daya dari 0-100 persen. Baterai dengan kapasitas penuh bisa digunakan untuk berkendara sejauh 373 kilometer. Hyundai Kona Listrik (Hyundai)Hyundai Kona EVHarga Hyundai Kona EV bocor sebelum diluncurkan di Indonesia. Harga itu muncul dalam pemaparan presentasi dari Kementerian Perhubungan, Kona EV ini nantinya akan dibanderol dengan harga Rp 674,8 juta on the road Jakarta.Sebagai informasi, Hyundai Kona EV memiliki sejumlah varian. Kemungkinan besar yang akan dipasarkan di Indonesia adalah Kona EV dengan motor listrik berdaya 100 kW atau 150 kW. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk Kona EV 150 kW dibekali baterai lithium-ion 64 kWh. Daya yang dihasilkan mencapai 201 hp dan torsi 394 Nm. Sedangkan Kona EV 100 kW memiliki daya 134 hp dan torsi 395 Nm. Model ini memiliki baterai lithium-ion 42 kWh dengan daya jelajah 250 kilometer. 

Nissan Leaf saat dipamerkan di Gakindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), di ICE, BSD City, Tangerang, 18 Juli 2019. TEMPO/Wawan Priyanto

Nissan LeafNissan Leaf merupakan hatchback murni listrik yang sudah dipasarkan sejak 2011. Hingga kini, model ini sudah terjual lebih dari 500 ribu unit di seluruh dunia. Perayaan produksi ke-500 ribu unit dilakukan beberapa hari lalu. Nissan Leaf dilengkapi dengan baterai berkapasitas 40 kWh dengan jarak tempuh hingga 311 kilometer dalam sekali pengisian. Baterainya dapat diisi daya selama 30 menit untuk pengisian cepat dan 6-12 jam untuk pengisian di rumah (portable charger).Belum ada informasi soal harga Nissan Leaf di Indonesia. Sebagai gambaran, model ini akan dipasarkan di range Rp 600 juta hingga Rp 800 juta. Model ini akan diluncurkan di Indonesia sekitar kuartal II tahun depan.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi