Musim 2009, MotoGP Minus Michelin
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 4 Oktober 2008 15:54 WIB
TEMPO Interaktif, Phillip Island: Pabrikan ban asal Prancis Michelin menyatakan akan absen meramaikan persaingan ban dalam tiga musim mendatang. Kabar ini sekaligus menegaskan dominasi Bridgstone yang akan menjadi ban resmi MotoGP musim 2009.

Keputusan Michelin ini diambil setelah mendengar keputusan Federasi Motor Internasional (FIM), pekan lalu yang menyatakan akan mengakhiri persaingan ban di semua kejuaraan balap motor.

Tadinya FIM menunggu proposal Michelin hingga kemarin. Tapi hingga batas waktu yang telah ditentukan, pabrikan ban yang telah berdiri sejak 1888 tersebut gagal menyerahkan proposal.

Performa Michelin telah lama dikkritik. Kritikan terutama datang pada kendali ban tersebut. Ajang Formula 1 dan World Rally Championships (WRC) juga telah memutuskan tidak memakai ban lansiran Michelin.

“Semangat kompetisi selalu yang menjadi perhatian utama Michelin,” ungkap pernyataan resmi Michelin.

Menurut otoritas MotoGP, pemakaian satu ban (Bridgestone) dilakukan pihaknya untuk mengurangi biaya dan meningkatkan keamanan. Tapi Michelin beralasan kedua hal itu bisa dicapai dengan metode yang berbeda.

“Michelin menyesal tidak bisa memberikan kontribusi kepada dunia MotoGP, untuk meningkatkan keamanan bagi pembalap dan mengurangi biaya,” sebut pernyataan resmi Michelin.

Bridgestone dan Michelin telah menjadi dua ban yang dipakai di ajang MotoGP musim ini, setelah Dunlop mengundurkan diri pada 2007.

Autosport | Bagus Wijanarko

#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi