Joan Mir Selangkah Lagi Juara Dunia MotoGP 2020
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 9 November 2020 11:03 WIB
Pembalap Joan Mir bersama Tim Suzuki Ecstar merayakan kemenangannya di atas podum MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Ahad, 8 November 2020. Dengan tambahan 25 poin, Mir kini menguasai posisi teratas klasemen MotoGP dengan raihan 162 poin. REUTERS/Juan Medina

GOOTO.COM, JakartaPembalap Suzuki Ecstar Joan Mir sukses merengkuh gelar juara MotoGP perdananya di seri ke-12 musim ini di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, 8 November 2020. 

Posisi kedua ditempati rekan setip Mir di Suzuki Ecstar, Alex Rins, dan ketiga diraih Pol Espargaro (Red Bull KTM) 

Sukses ini memperkuat posisi Mir di puncak klasmen sementara dengan raihan 162 poin. Ia unggul dari pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo yang berada di tempat kedua dengan 125 poin. 

Rekan satu tim Mir di Suzuki Ecstar, Alex Rins, memiliki poin yang sama dengan Quartararo, 125 poin. Jagoan Monster Energy Yamaha MotoGP, Maverick Vinales, di peringkat 4 klasmen dengan 121 poin. 

Peringkat enam dan tujuh masing-masing ditempati Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dengan 117 poin dan Andrea Dovizioso (Ducati) 117 poin. 

Ketujuh pembalap di atas masih memiliki peluang untuk menjadi juara dunia MotoGP 2020 dengan dua seri tersisa. Artinya, masih ada total 50 poin (pemenang di setiap seri mendapatkan 25 poin) yang bakal diraih setiap pembalap jika berhasil memenangi dua seri tersisa. 

Dari posisi klasmen, jelas Joan Mir yang memiliki peluang terbesar untuk meraih gelar juara dunia MotoGP 2020. Ia hanya perlu mengamankan 14 poin di sisa dua seri terakhir. 

Dengan perhitungan, seandainya Quartararo dan Rins memenangi dua seri terakhir, total poin yang diperoleh hanya 175. Sementara, bagi Mir, ia cukup menambah 14 poin di dua balapan terakhir untuk mengamankan gelar juara dunia. Sedangkan Vinales, Morbidelli, dan Dovizioso, berpeluang juara dunia jika memenangi dua seri terakhir dan Mir, Quartararo, serta Rins, gagal meraih poin. 

Di seri ke-13 di sirkuit yang sama akhir pekan ini (15 November 2020), Joan Mir hanya perlu finish di posisi 3 besar untuk mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020. Tambahan 16 poin cukup untuk membuatnya berada di puncak klasmen akhir dan tak mampu dikejar rival terdekat meski balapan masih menyisakan satu seri pamungkas yang akan digelar di Portugal pada 22 November 2020. 

#Joan Mir
#Suzuki Ecstar
#Alex Rins
#Fabio Quartararo
#Yamaha

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi