TAM Siap Luncurkan Mobil Listrik Murni, Lexus UX 300e?
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 20 November 2020 09:08 WIB
Lexus UX 300e. (Toyota)

GOOTO.COM, Jakarta - PT Toyota Astra Motor akan meluncurkan mobil listrik murni di Indonesia pada 25 November 2020. Dari teaser yang disebar, mobil itu kemungkinan besar adalah Lexus UX 300e, mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) pertama yang dipasarkan oleh Toyota.

Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy dalam konferensi pers yang digelar hari ini, Selasa, 18 November 2020, menyampaikan bahwa segmen premium lebih siap menerima mobil listrik untuk saat ini.

"Dari studi kami, yang paling siap adalah segmen premium. Mereka sudah memiliki mobil lain (konvensional). Mobil listrik untuk akhir pekan, untuk pergi jarak jauh pakai mobil konvensional," kata Anton. 

Lexus UX 300e. (Toyota)

Lexus UX 300e debut di ajang Guangzhou Auto Show 2019. Lexus UX 300e dibekali motor listrik (di roda depan) model 4KM dengan output 204 PS dan torsi maksimum 300 Nm. Baterainya menggunakan lithium Ion berkapasitas 54,3 kWh dengan jarak tempuh 400 kilometer (NEDC).

Toyota mengklaim UX 300e memiliki salah satu kabin paling tenang di kelasnya. Insinyur Toyota telah memikirkan cara mengurangi suara yang dihasilkan saat kendaraan berjalan. Active Sound Control (ASC) mentransmisikan suara alami dan ambient untuk mengkomunikasikan kondisi mengemudi kepada pengemudi dan penumpang.

Interior Lexus UX 300e. (Toyota Global)

Fungsi pilihan Mode Drive memungkinkan pengemudi untuk mengatur percepatan dan perlambatan sesuai keinginan sopir. Mereka dapat merasakan akselerasi yang kuat dan pengiriman torsi instan dari powertrain EV saat mereka menekan pedal throttle dan menggunakan tongkat pemindah gear dengan cara yang mirip dengan engine brake, melalui empat tingkat regenerasi perlambatan.

Pusat gravitasi rendah kendaraan memberikan kinerja yang baik, berkat motor dan baterai yang terletak di bawah bodi kendaraan, dan distribusi berat depan-belakang yang optimal. Platform GA-C ditingkatkan dengan bracing tambahan dan optimalisasi gaya peredam kejut. Baterai dilengkapi dengan sistem manajemen suhu yang beroperasi pada suhu lingkungan rendah dan tinggi.

Baterai pack Lexus UX 300e ditempatkan di bawah lantai. (Toyota Global)

UX 300e akan tersedia dengan teknologi mobil terhubung terbaru. Dengan menautkan ke telepon pintar menggunakan aplikasi LexusLink. Melalui aplikasi ini pengemudi dapat memeriksa daya baterai dan jarak mengemudi. Kontrol pengisian disertakan, seperti timer yang menunjukkan kapan muatan penuh akan tercapai, dan jadwal pengisian.

Lexus UX 300e dibekali dengan layar sentuh 10,3 inci dengan Lexus Premium Navigation. Layar ini sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto.

#Lexus UX 300e
#UX 300e
#Toyota

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi