50 Tahun Toyota di Indonesia: Mobil Elektrifikasi Segera Dilokalkan
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 5 Januari 2021 14:39 WIB
Toyota Prius PHV GR Sports 2019 ikut dipamerkan di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang, Jumat 19 Juli 2019. Prius PHV GR Sports menggunakan baterai jenis lithium. Secara kapasitas jelas lebih besar baterai Prius PHV dan untuk sumber listriknya hanya butuh 8V alias tinggal colok saja ke listrik rumah. Tempo/Tony Hartawan

GOOTO.COM, Jakarta - April nanti Toyota akan merayakan 50 tahun eksistensinya di Indonesia. Selama 50 tahun eksistensinya di Indonesia, Toyota yang semula mengawali bisnisnya sebagai importir berkembang menjadi raksasa industri otomotif dengan melahirkan dua produk global, Toyota Kijang Innova dan Toyota Avanza. 

Saat ini Toyota Indonesia telah berkembang hingga ke pelosok daerah daerah dengan produk terkini, termasuk mobil elektrifikasi. Toyota tercatat memiliki layanan purna jual dengan 333 outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, hingga berbagai layanan digital. 

President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda, mengatakan bahwa Toyota ini berkomitmen untuk menciptakan Mobility Happiness for All di Indonesia. 

"Kami tidak hanya menghadirkan produk terbaik, namun juga memberikan layanan Total Mobility Solution yang tentunya sesuai dengan trend dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang sehingga kami dapat senantiasa menjadi bagian dari solusi mobilitas di Indonesia, dari saat ini hingga nanti,” kata Matsuda dalam keterangan resmi, Selasa, 5 Januari 2020.  

Lahirnya Toyota Indonesia bermula dari upaya memenuhi kebutuhan sarana tranportasi masyarakat pada era 1970-an. Dimulai dari impor, Toyota Indonesia terus berkembang hingga mampu menambah perannya dengan melokalisasi proses produksi dan terus meningkatkan kandungan lokal dengan mengembangkan rantai pasok di dalam negeri termasuk lokal material dari industri hulu.

Didukung dengan 5 pabrik manufaktur mobil dan mesin, kini Toyota Indonesia berhasil dipercaya menjadi salah satu basis produksi (hub) di pasar Asia-Pasifik sehingga dapat mengekspor produk buatan dalam negeri ke lebih dari 80 negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah.

Mobil Toyota Kijang di pabrik perakitan mobil PT Toyota Astra Motor, Jakarta, 1986. Dok.TEMPO/Maman Samanhudi

“Kami bersyukur dapat menjadi bagian dari perkembangan sosial-ekonomi serta industri otomotif di Indonesia selama 50 tahun. Berkat kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat serta dukungan dari Pemerintah Indonesia, Toyota Indonesia dapat berkembang menjadi salah satu pusat produksi dan ekspor di Asia-Pasifik ke pasar global,” ujar President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono.

"Ke depan, kami berkomitmen untuk terus turut serta secara aktif dalam pengembangan industri otomotif Indonesia dan menambah kandungan lokal melalui pendalaman industri hulu, termasuk produk berteknologi tinggi yang berbasis elektrifikasi untuk turut mendukung program pemerintah dalam menurunkan emisi dan sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus berkembang."

Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi dalam industri otomotif di Indonesia telah mengalami kemajuan pesat. Hal ini memotivasi sekaligus memberi ruang yang lebih luas kepada Toyota Indonesia untuk menghadirkan deretan produk yang dapat memenuhi beragam kebutuhan mobilitas masyarakat.

Rio Haryanto menjadi pembeli pertama Toyota C-HR Hybrid di Indonesia. 22 April 2019. TEMPO/Wawan Priyanto.

Lebih dari 20 line up kendaraan yang terdiri beragam jenis mulai dari MPV, SUV, Hathback, Sedan, Commercial, hingga Sport tersedia sebagi kesatuan pilihan produk yang lengkap bagi masyarakat Indonesia.

Bahkan, Toyota Indonesia juga telah mengantisipasi lebih awal tantangan masa depan seperti tuntutan pengembangan kendaraan dengan teknologi yang ramah lingkungan.

Sejak tahun 2009, Toyota Indonesia telah memperkenalkan Toyota Prius sebagai kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang ramah lingkungan berkat teknologi mesin berbasis elektrifikasi sehingga menghasilkan emisi yang lebih rendah dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Hingga kini, Toyota Indonesia telah memasarkan 10 line up kendaraan berteknologi elektrifikasi yang terdiri dari 8 Hybrid Electric Vehicle (HEV), 1 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan 1 Battery Electric Vehicle (BEV).

PT Toyota Astra Motor telah meluncurkan mobil listrik di Indonesia, yakni Lexus UX 300e, mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) pertama yang dipasarkan oleh Toyota. TEMPO/Fardi Bestari

Kehadiran line up kendaraan berteknologi elektrifikasi tersebut telah menempatkan Toyota Indonesia tidak hanya sebagai perusahaan yang pertama kali mempopulerkan kendaraan ramah lingkungan, namun juga sekaligus sebagai market leader kendaraan elektrifikasi di pasar otomotif nasional.

Toyota Indonesia bersama rantai pasok juga telah bersiap untuk memproduksi mobil hybrid yang ditujukan untuk pasar ekspor, selain domestik, pada tahun 2022. 

“Kami juga berkomitmen membangun ecosystem untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat agar dapat merasakan pengalaman bermobilitas dengan kendaraan elektrifikasi,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Logo 50 Tahun Toyota di Indonesia. (TAM)

Logo 50 Tahun Toyota

Semangat menghadapi tantangan mobilitas di masa depan tercermin pada desain logo ulang tahun ke 50 Toyota Indonesia. Menggunakan angka 50 sebagai lambang dominan, logo ini dibagi dalam 4 bagian.

Pertama, pada bagian bawah terdapat lambang nilai dasar Toyota Indonesia yaitu customer first yang selalu siap memberikan layanan mobilitas secara menyeluruh dan mengedepankan ekspektasi pelanggan.

Salah satunya melalui layanan berbasis digital yang menyediakan informasi lengkap mengenai produk dan layanan purna jual Toyota seperti Toyota Chatbot, mTOYOTA, Toyota Virtual Expo, dan Halobeng. Termasuk juga layanan mobilitas berbasis usership melalui KINTO. Semangat ini dilambangkan oleh desain tangan terbuka dengan warna merah.

Selanjutnya di tengah, terdapat dua bagian yang melambangkan semangat yang menjadi dasar pengembangan produk dan layanan Toyota. Beyond Technology yang berada di bagian kiri didominasi warna biru sebagai lambang komitmen Toyota Indonesia untuk selalu mengedepankan teknologi canggih dan ramah lingkungan seperti mobil berteknologi elektrifikasi.

Sementara pada bagian kanan berupa siluet bendara merah putih beserta wajah seseorang yang mencerminkan pentingnya peran masyarakat Indonesia sebagai rekan terbaik bagi Toyota Indonesia untuk terus bertumbuh kembang bersama dalam menghadirkan kualitas solusi mobilitas yang lebih baik.

Lalu pada bagian atas, terdapat siluet mobil Toyota dengan dominasi warna biru yang melambangkan semangat Toyota Indonesia dalam mengembangkan dan menghadirkan Beyond Product sebagai bagian solusi mobilitas masa depan.

“Melalui logo ini kami ingin menyampaikan semangat kami dalam menyediakan solusi mobilitas dan mengembangkan industri otomotif tanah air bersama seluruh masyarakat Indonesia dan pemerintah,” ujar Vice President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Edward Otto Kanter.

#Toyota
#50 Tahun Toyota di Indonesia
#Mobil Ramah Lingkungan
#Mobil Listrik
#Lexus UX 300e
#Mobil Elektrifikasi

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi