DN Multisix Concept Jadi Basis All New Toyota Avanza 2021?
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 2 Januari 2021 19:09 WIB
Mobil konsep Daihatsu DN Multisix dipamerkan di Tokyo Motor Show, Tokyo, Jepang, 25 Oktober 2017. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaRumor tetang PT Toyota Astra Motor bakal meluncurkan All New Toyota Avanza sempat ramai beredar menjelang akhir tahun 2020. Hal ini dipicu oleh kemunculan foto-foto yang diduga sebagai kembaran Avanza yakni Daihatsu Xenia terbaru dengan penggerak roda depan. Petinggi TAM dalam beberapa kali pertemuan virtual menyampaikan bahwa perusahaan tetap berkomitmen untuk meluncurkan produk baru di tahun 2021. Sekadar catatan, sepanjang tahun laluTAM meluncurkan sebanyak 13 model baru. "Tahun ini kami akan meluncurkan lebih banyak model baru lagi," kata Anton Jimmi Suwandy, dalam berbagai kesempatan. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mobil konsep Daihatsu DN Multisix di pameran GIIAS 2017. TEMPO/Wawan Priyanto Rumor ini sebenarnya sudah muncul sejak beberapa tahun lalu. Tepatnya sejak kemunculan mobil konsep Daihatsu DN Multisix pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Ini adalah konsep mobil penumpang 7 kursi dengan desain revolusioner, dibanding dengan Avanza-Xenia yang saat ini dipasarkan. Hanya saja, hingga tahun lalu Avanza-Xenia baru menjalani minor change atau facelift. Si kembar, Avanza dan Xenia generasi pertama diperkenalkan pada Desember 2003. Penjualannya dimulai pada Januari 2004. Tujuh tahun kemudian, tepatnya pada November 2011, generasi kedua Avanza-Xenia dipasarkan dengan ubahan yang signifikan. Generasi kedua ini bertahan hingga saat ini. 

Pengunjung melihat mobil konsep Daihatsu DN Multisix yang dipamerkan dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD, Tangerang, 14 Agustus 2017. Kedua mobil konsep Daihatsu DN Multisix, dilengkapi head lamp, DRL dan panoramic roof yang memberikan kesan modern dan agresif. TEMPO/Fajar JanuartaAtas pertimbangan itulah, besar kemungkinan Toyota dan Daihatsu akan meremajakan Avanza-Xenia dengan desain yang benar-benar baru alias all new model. Model itu kemungkinan akan didasarkan pada konsep DN Multisix yang juga diperkenalkan di pameran otomotif Tokyo Motor Show di Jepang, Oktober 2017. Penjualan 2 juta unitKhusus untuk Avanza, tahun 2020 kemungkinan akan menjadi tahun yang spesial. Sebab, secara total, model yang populer dijuluki mobil sejuta umat itu akan mencapai penjualan sebanyak 2 juta unit. 

New Toyota Avanza. 27 Februari 2019. (TAM)Sejak diperkenalkan pada 11 Desember 2003 hingga Desember 2019 atau 16 tahun dipasarkan, total penjualan Toyota Avanza mencapai 1,8 juta unit. Sementara itu, data gabungan penjualan Avanza-Xenia 2004-2018 mencapai sebanyak 2.750.576 unit. 

Avanza-Xenia mengisi segmen Low MPV, bertarung dengan sejumlah pesaing seperti Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Wuling Confero. 

Sayang, tahun 2020 merupakan tahun terburuk dalam penjualan mobil setelah kelahiran Avanza-Xenia. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-November 2020, wholesales Avanza mencapai 31.883 unit.

Angka ini turun drastis dibanding tahun sebelumnya karena dihantam pandemi virus corona baru (Covid-19). Rata-rata penjualan Avanza dalam beberapa tahun terakhir lebih dari 9.000 unit per bulan atau di atas 100 ribu unit setahun. Jika situasi kembali normal pada tahun ini, bukan tidak mungkin penjualan Toyota Avanza akan tembus 2 juta unit. Ini sekaligus menjadi kado istimewa bagi perayaan 50 tahun Toyota di Indonesia. 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi