Felipe Massa Bertekad Lanjutkan Tradisi Brasil
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 31 Oktober 2008 13:30 WIB

TEMPO Interaktif, Sao Paulo: Pembalap Ferrari Felipe Massa bertekad melanjutkan tradisi para pembalap dari Brasil untuk menjuarai Formula Satu. Apalagi, laga penentuan juara musim ini digelar di Grand Prix Brasil. 

Pembalap Ferrari ini bertekad menjadi pembalap keempat Brasil yang menjuarai Formula Satu setelah Emerson Fittipaldi, Nelson Piquet, dan Ayrton Senna. Prestasi terakhir yang diraih pembalap Brasil adalah ketika Senna memenangkan gelar ketiganya pada 1991.

Massa pun berpeluang menjuarai Formula Satu di tanah airnya. Terakhir kali pembalap Formula Satu memastikan gelar juara di tanah airnya adalah ketika pembalap Giuseppe Farini menang di depan pendukungnya di Italia pada 1950.

Massa saat ini terpaut tujuh poin dari pemuncak klasemen Formula Satu Lewis Hamilton dari tim McLaren Mercedes. Ia pun sadar kemenangan di Grand Prix Brasil akan sangat berarti bagi warga Brasil.

"Saya ingat Senna memenangkan kejuaraan ini dan berjuang meraih lagi dengan penampilannya yang sangat kompetitif," ujar Massa yang baru berusia 10 tahun ketika Senna menyabet gelar juara ketiganya.

"Sebagai warga Brasil, Senna semacam dewa di Brasil. Dan sebelumnya, ada ayah Nelson (merujuk pada Piquet Junior yang duduk di sampingnya)," lanjut Massa. "Saya rasa kami memiliki negara yang hebat dalam urusan melahirkan pembalap. Saya berharap kami bisa terus melanjutkan itu di sini. Saya senang sekali jika bisa menjuarainya, itu sebabnya saya berada di sini."

Menurut Massa, ia berusaha sekuat tenaga untuk mencapai impiannya. "Saya juga akan berusaha melanjutkan sejarah gemilang Brasil di Formula Satu. Itu akan fantastis," imbuh Massa.

Massa harus menjalani perjuangan berat untuk bisa menjuarai Formula Satu musim ini. Sebab, ia minimal harus menjadi juara kedua di Grand Prix Brasil dan berharap Hamilton tidak masuk lima besar.

Kendati beban yang dipikulnya berat, Massa optimistis dukungan warga Brasil akan membantunya. Dalam balapan di Sirkuit Interlagos, keluarga Massa rencananya hadir. Mereka adalah sang ayah Luiz Antonio, sang ibu Ana Elena, dan saudara perempuan Fernanda, serta istri tercinta Rafael Bassi.

Sporting Life| Kodrat Setiawan

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi