Sejarah terukir di Interlagos
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 3 November 2008 02:13 WIB

TEMPO Interaktif, Interlagos:Lewis Hamilton, 23, pembalap F1 dari tim McLaren berhasil menjadi juara termuda pada sejarah F1, mengalahkan Felipe Massa yang menjadi juara GP Brazil 2008. Mereka hanya berselisih 1 poin. Posisi Lewis di urutan kelima terjadi hanya 30 detik menjelang balap berakhir.

Felipe Massa mencatat waktu 1 menit 27,721 detik, 13,2 detik di depan ALonso di posisi kedua. Posisi ketiga diduduki oleh Kimi Raikkonen. Sementara Hamilton berada 38.9 detik di belakang Felipe Massa.

Ferari menjadi juara tim untuk musim balap 2008. Gelar juara Lewis Hamilton menjadikannya sebagai pembalap tim McLaren yang menjadi juara dunia sejak Mika Hakkinen pada tahun 1999.

Jalannya pertandingan

Felipe Massa yang start di posisi terdepan, berhasil mempertahankan posisinya selama balap berlangsung, walau sempat dibayang-bayangi cukup ketat secara bergantian oleh Sebastien Vettel dan Fernando Alonso.

Lap pertama ditandai dengan masuknya safety car ke lintasan, setelah David Coulthard dan Nelson Pique keluar jalur. David Coulthard harus mengakhiri karirnya di formula 1 tanpa finish.

Pada lap ke 4, safety car keluar, Felipe segera melesat. Alonso berduel dengan Kovlainen untuk merebut posisi ke 6.

Lap ke 8-11, beberapa pembalap mulai masuk pit untuk mengganti dengan ban kering, setelah menggunakan ban intermediate pada saat start, termasuk Felipe Massa. Lintasan mulai mengering. Raikkonen dan Hamilton masuk pada lap ke 11. Alonso berhasil memanfaatkan dengan meraih posisi ketiga dan Hamilton terdesak ke posisi ke 6. Gianfranco Fisichella berhasil memanfaatkan dengan masuk ke posisi ke 5. Hamilton harus mengamankan posisinya.

Pada lap ke 18, Hamilton berhasil mendahului Fisichella di tikungan pertama. Sebuah manuver yang berani sekaligus sangat beresiko.Sebastien Vettel dan Fernando Alonso terus menempel ketat Massa, hal ini menjadikan Massa harus terus memacu mobilnya. Sementara itu, Timo Glock terus memperkecil jarak dengan Hamilton.

Vettel melepas posisi keduanya, pada lap 28, setelah masuk pit dan kembali ke lintasan pada lap posisi ke 6. Pada lap ke 29 ini, Hamilton berada di posisi ke 4, dibelakan Massa, Alonso dan Raikkonen. Sementara itu, Alonso mendapat perintah untuk mengejar Felipe Massa.

Timo Glock masuk pit pada lap ke 35 selama 14.5 detik, setelah mengalami sedikit masalah pada selang pengisian bahan bakar. Felipe Massa masuk pada lap 37, dan berhenti selama 9.4 detik dan bergabung kembali pada posisi keempat, menjadikan Alonso sebagai pimpinan sementara lomba.

Fernando Alonso masuk ke pit pada lap 39, diikuti Lewis Hamilton dan kembali bergabung pada posisi ke 6 sementara Massa saat itu berada di posisi kedua. Kimi Raikkonen memimpin selama sampai putaran 43 dan kembali ke masuk di posisi ke 4, belakang Massa, Vettel dan Alonso. Menjadikan Felipe massa kembali sebagai pimpinan lomba, dan saat itu Hamilton berada di posisi ke 5.

Lap ke 51, Vettel masuk pit untuk ke-3 kali, dan kembali pada posisi ke 5. Hamilton naik ke posisi ke 4. Pada lap ke 57 Vettel terus merangsek mendekati sampai hanya 1 detik dibelakang Hamilton. Sementara itu pada lap ini, radar cuaca menunjukan bahwa hujan mendekati sirkuit. Hal ini membuat semua tim sibuk menata ulang strategi mereka untuk menghadapi hujan.

Delapan lap menjelang akhir balapan, para pembalap dan tim terus berkomunikasi tentang kemungkinan hujan. Semua tim di pit bersiap dengan ban basah, dan para pembalap diperintahkan untuk secepatnya masuk pit begitu hujan turun. Sementara itu Vettel terus mendekat ke Hamilton, dengan posisi hanya 0.5 detik dibelakang Hamilton pada putaran 65.

Tim BMW memilih bertaruh untuk memasang ban intermediate pada Nick Heidfeld pada lap 66.. Strategi yang mungkin jitu. Diikuti Raikkonen, ALonso, Hamilton, Sebastien Vettel dan Felipe Massa. Pada lap 69, Massa tetap memimpin dan Hamilton berada diposisi ke 5 dibelakang Timo Glock yang masih menggunakan ban kering. Hujan rintik-rintik terus membasahi lintasan. Vettel terus mendekat ke Hamilton dan berhasil menyusul di lap 69. Kesempatan Hamilton hilang. Dia hanya punya waktu 2 lap untuk mendahului Vetttel.

Hamilton terus mengejar Vettel. Tepat 30 detik menjelang finish, Timo Glock melambat, dan memberikan kesempatan Hamilton untuk berada di posisi ke lima. Lewis Hamilton menjadi juara dunia Formula 1 2008.

Autosport.com | Star Sport | Formula1.com | Handy Dharmawan

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi