Tips Berkendara Irit Bensin Saat Touring Motor Yamaha Maxi
Reporter: Non Koresponden
Editor: Jobpie Sugiharto
Senin, 7 Juni 2021 15:26 WIB
Motor skutik All New Yamaha NMAX 155 Connected diluncurkan pada Sabtu, 21 November 2020. FOTO: Yamaha Indonesia.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Saat touring dengan sepeda motor Yamaha Maxi tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan, terutama jika perjalanannya jauh dan memakan waktu berhari-hari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jangan khawatir, pengeluaran biaya tersebut dapat diminimalisasi dengan mempraktikkan cara berkendara yang irit bahan bakar. 

Dengan teknologi dan fitur motor produk Yamaha Maxi, pengendara motor ini bisa melakukan efisiensi bahan bakar.

“Bikers Yamaha Maxi perlu mengetahui tips berkendara yang irit bahan bakar," kata Manager Public Relation, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Antonius Widiantoro, hari ini, Senin, 7 Juni 2021.

Antonius menerankan bahwa hampir seluruh produk Yamaha Maxi dilengkapi teknologi serta fitur motor yang membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien tapi performa mesin tetap bertenaga.

Salah satu tips berkendara efisien seperti penggunaan mesin Blue Core Yamaha yang irit, fitur Stop & Start System mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat motor sedang berhenti, hingga Eco Riding indicator pada speedometer.

Aplikasi Y-Connect bahkan memberitahu pengendara bahwa dia sedang mengoperasikan motor Yamaha Maxi dalam kondisi irit bahan bakar.

Fitur motor Eco Riding Indicator pada aplikasi Y-Connect dapat ditemukan pada sepeda motor Yamaha Maxi, seperti All New NMAX 155 Connected dan All New Aerox 155 Connected.

Yamaha memberikan tips berkendara irit saat touring dengan motor Yamaha Maxi: 

Kondisi Motor Prima pastikan motor Yamaha Maxi dalam kondisi baik. Cek tekanan ban dalam kondisi normal. Karena apabila ban kekurangan angin, maka tarikan motor menjadi berat dan ini membuat konsumsi bensin menjadi lebih boros.

Perawatan berkala seperti penggantian oli dan membersihkan filter udara juga perlu dilakukan agar tidak boros bahan bakar.

Pengoperasian Motor yang Baik Perlu diperhatikan juga untuk menjaga ke iritan bensin saat berkendara. Semakin agresif gaya berkendara dengan bukaan gas dan pengoperasian rem yang tidak teratur akan membuat motor Yamaha Maxi sangat boros.

Diperlukan cara berkendara yang smooth atau halus, seperti membuka gas perlahan dan menjaga kecepatan konstan.

Jangan melakukan pengereman secara mendadak (terkecuali emergency) sehingga suplai bensin yang dialirkan ke ruang bakar menjadi lebih terukur.

Beban Barang Sesuai Kapasitas Biasanya saat hendak touring, motor kerap dipasangi dengan touring box pada sisi kanan, kiri dan belakang body motor untuk menaruh barang tanpa mengindahkan daya angkut motor.

Kelebihan beban membuat kinerja mesin Yamaha Maxi menjadi berat yang berimbas pada borosnya bensin. Kondisi ini juga membahayakan bagi pengendara.

Baca: Yamaha Bagikan Tips Berkendara Aman di Hari Lebaran 

 HIDAYAT SALAM

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi