Honda Umumkan Mundur dari Formula Satu
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 5 Desember 2008 14:01 WIB
TEMPO Interaktif, Tokyo: Presiden Honda Motor Takeo Fukui mengumumkan tim Honda mundur dari Formula Satu, Jumat (5/12). Fukui juga meminta maaf kepada penggemar, staf, pembalap, dan penyelenggara Formula Satu. 

"Honda Motor Co sampai pada kesimpulan bahwa kami akan menarik diri dari segala aktivitas di Formula Satu sehingga musim 2008 menjadi musim terakhir kami berpartisipasi," ujar Fukui dalam jumpa pers kepada wartawan.

"Keputusan berat ini diambil di tengah memburuknya situasi untuk beroperasi terkait masalah di industri otomotif global akibat masalah subprime di Amerika Serikat, krisis kredit yang semakin dalam, dan kontraksi ekonomi dunia yang terjadi tiba-tiba," lanjut Fukui.

Honda berpartisipasi di Formula Satu sejak 1964 dan telah menjadi juara tiga kali termasuk saat pembalap Jenson Button menang di Hungaria pada 2006.

Musim 2008, Honda bertengger di peringkat kesembilan klasemen konstruktor dengan perolehan 14 poin. Pembalap veteran Rubens Barrichello meraih prestasi maksimal Honda musim 2008 dengan menjadi juara ketiga di Silverstone, Inggris.

Honda Motor juga memasok mesin dan bantuan teknis untuk tim Super Aguri. Super Aguri keluar dari Formula Satu pada Mei lalu setelah dililit masalah keuangan.

Honda, produsen otomotif kedua di Jepang, saat ini mengurangi produksi mereka dan memangkas jumlah tenaga kerja mereka karena penjualan mobil yang menurun.

AFP| KODRAT SETIAWAN

#F1
#Honda

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi