Lampaui Valentino Rossi dan Vinales, Fabio Quartararo Cetak Rekor Baru di Yamaha
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 31 Agustus 2021 16:43 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, memacu motornya dalam balapan MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Silverstone, Inggris, Ahad, 29 Agustus 2021. REUTERS/Andrew Boyers
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Fabio Quartararo berhasil mencetak rekor baru untuk Yamaha di ajang MotoGP sejak 2015 lalu. Bahkan pembalap asal Prancis tersebut mampu melampaui torehan Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Itu ia dapatkan setelah berhasil mengantongi lima kemenangan di MotoGP 2021. Sekedar mengingatkan kembali, rider Monster Energy Yamaha itu mampu menjuarai seri GP Doha, GP Portugal, GP Italia, GP Belanda dan GP Inggris.

Setelah musim 2015 lalu, tidak ada pembalap Yamaha yang mampu menorehkan kemenangan sebanyak lima kali di kasta tertinggi balap motor di dunia ini. Kejayaan pembalap Yamaha itu terakhir kali diperlihatkan pada musim 2015.

Saat itu, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi berhasil mengumpulkan 11 kemenangan. Tujuh kemenangan berhasil ditorehkan oleh Lorenzo, sedangkan empat gelar juara sisanya diraih oleh The Doctor.

Memasuki MotoGP 2016, pembalap Monster Energy Yamaha hanya mampu meraih juara enam kali, yang masing-masing ditorehkan oleh Lorenzo (4 kali) dan Rossi (2 kali). Ini menjadi awal menurunnya performa tim pabrikan Jepang tersebut.

Pada musim selanjutnya, performa Yamaha kembali menurun, di mana mereka hanya mampu merebut empat gelar juara. Maverick Vinales menjadi pembalap yang memberikan kontribusi nyata dengan meraih tiga kemenangan, sedangkan Rossi hanya mengantongi juara satu kali.

Performa buruk Monster Energy Yamaha terjadi pada MotoGP 2018, di mana wakilnya tidak berhasil menorehkan satu kemenangan pun. Sedangkan pada musim 2019, tim pabrikan hanya mampu meriah juara dua kali, yang didapatkan oleh Vinales. Selanjutnya, Vinales memberikan satu-satunya kemenangan Yamaha di MotoGP 2020.

Melihat performa kurang apik dalam beberapa musim terakhir itu, Fabio Quartararo diprediksi bisa menghentikan tren buruk tersebut. Jika penampilannya konsisten hingga akhir musim, bukan tidak mungkin ia bakal memberikan gelar juara MotoGP pertama Yamaha sejak 2015.

Baca: Finis Ke-18 di MotoGP Inggris, Valentino Rossi Ungkap Alasannya

MOTOSAN

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi