Initp 5 Model Mobil yang Terinspirasi dari Jet Tempur hingga Roket
Reporter: Non Koresponden
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 1 September 2021 20:30 WIB
Ford FX Atmos 1954 (Sumber: Autocar)

TEMPO.CO, JAKARTA — Inspirasi dalam memproduksi mobil memang tidak memiliki batasan yang spesifik. Hal ini bisa dilihat pada era 1950-an, di mana para pembuat mobil terinspirasi dari jet tempur atau roket.

Beberapa kendaraan yang terinspirasi oleh jet tempur dan roket luar angkasa tersebut nyatanya turut menampilkan teknologi canggih. salah satunya adalah mengemudi otomatis, pengontrol suhu, penghindaran pejalan kaki, hingga turbin gas.

Untuk lebih lengkapnya, berikut redaksi Gooto.com mencoba untuk merangkum berbagai kendaraan yang terinspirasi dari jet tempur hingga roket. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Buick Le Saber 1951Buick Le Saber 1951. (Sumber: Autocar)

Mobil ini berasal dari imajinasi kepala desain GM Harley Earl (1893-1969). Kendaraan ini sedikit dirombak setelah tidak lagi tampil di sirkuit. Perubahan itu dilakukan dari pintu dan jendela dengan bagian atas yang secara otomatis dapat terangkat sendiri jika hujan.

2. Ford XL500 1953Ford XL500 1953. (Sumber: Autocar)

Mobil ini dilengkapi dengan transmisi otomatis demi mempermudah pengendara dalam mengendarai. Mengemudikan mobil ini seperti mengendarai sebuah mangkuk ikan mas. Mobil ini juga dilengkapi perlengkapan telepon dan jack built-in, yang bisa membantu jika terjadi sebuah kebocoran.

3. Ford FX Atmos 1954Ford FX Atmos 1954 (Sumber: Autocar)

Mobil ini didesain seperti jet, yang bisa terlihat dari kanopi kacanya, tempat duduk, hingga sepasang sirip, bak sebuah pesawat. Nama FX sendiri adalah kependekan dari “Future Experimental”. Sedangkan, Atmos diambil dari kata Atmosfer yang menurut pihak Ford berasal dari pemikiran kreatif dan tidak terbatas.

4. Lincoln Futura 1955Lincoln Futura 1955. (Sumber: Autocar)

Ford menghabiskan $250.000 atau setara Rp3 miliar dalam memproduksi kendaraan yang bertenaga 300bhp ini. Mobil ini juga terkenal karena menjadi peran utama dalam serial TV Batman.

5. GM XP-500 1956GM XP-500 1956. (Sumber: Autocar)

Terakhir, ada mobil pertama di dunia yang menggunakan mesin bebas-piston. Penggunaan itu nyatanya dapat membakar minyak hewani, nabati, hingga mineral, serta mampu memompa gas panas melalui pipa ke turbin dalam menggerakkan roda belakang.

Baca: Mobil Listrik Tesla Roadster Pakai Roket, Melaju 0 - 100 Km/Jam dalam 1,1 Detik

HEDWIGE | AUTOCAR

#Mobil
#Jet Tempur
#Roket
#Ford
#Kendaraan

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi