Sirkuit Mandalika Resmi Dibuka, LPS Sebut Ekonomi Rakyat Lombok Bakal Hidup
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 29 September 2021 12:00 WIB
Foto udara tikungan ke-17 dan lintasan lurus Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa, 10 Agustus 2021. Sirkuit Mandalika juga dipersiapkan untuk MotoGP Indonesia yang digelar pada Maret 2022. ANTARA/Ahmad Subaidi
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) meyebutkan bahwa kehadiran Sirkuit Mandalika bisa menghidupkan ekonomi masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Karena, sejumlah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diprediksi bakal muncul di sekitar lintasan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sirkuit Mandalika sendiri memang akan resmi dibuka dan menggelar ajang balap internasional pada bulan depan, yakni Asia Talent Cup dan WorldSBK. Momen ini seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh rakyat Lombok untuk meraup keuntungan.

“Saya pikir nanti saat perlombaan balapan banyak orang datang ke sini, UMKM hidup, karena ini sebagian diperuntukkan untuk UMKM. Jadi ekonomi rakyat hidup,” kata Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut, Pria yang juga menjabat sebagai Oversight Board MGPA atau Dewan Pengawas dari Negara ini lega dengan penyelesaian Sirkuit Mandalika. Kini, pihaknya bakal berusaha agar ajang Asia Talent Cup dan WorldSBK berjalan lancar.

Bicara fasilitas di luar lintasan, Purbaya menjelaskan bahwa hal tersebut sudah siap. Beberapa penginapan atau home stay dikabarkan telah siap. Menurutnya, penonton yang hadir tidak selalu orang kaya raya, yang harus menginap di hotel.

“Kami lega melihat perkembangan yang ada, karena event-nya tinggal dua bulan lagi, jadi kami deg-degan, jangan-jangan belum siap. Tapi setelah melihat sirkuitnya dan fasilitas di luar pendukungnya sudah siap, lebih baik dari yang kita duga,” lanjutnya.

Sirkuit Mandalika sendiri akan menggelar turnamen Asia Talent Cup terlebih dahulu pada 12-14 November 2021. Pada pekan berikutnya, lintasan yang ada di Lombok ini akan memainkan ajang WorldSBK 2021.

Baca: Sirkuit Mandalika: Legenda MotoGP Tak Bisa Bedakan Balapan dengan Liburan

ANTARA

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi