Marquez Raja MotoGP Austin, Bagnaia dan Quartaro Mengancam
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 30 September 2021 15:02 WIB
Francesco Bagnaia bersaing dengan Marc Marques di balapan MotoGP Aragon di MotorLand Aragon, Alcaniz, Spanyol, Ahad, 12 September 2021. Francesco berhasil menenangkan juara perdananya lewat duel sengit dengan Marquez. REUTERS/Pablo Morano

GOOTO.COM, Jakarta - Balap MotoGP akan kembali ke Amerika Serikat pekan ini setelah musim lalu dibatalkan karena pandemi Covid-19. Balapan akan digelar di Circuit of the Americas, Austin, Texas.

Sirkuit ini menggelar balap MotoGP sejak 2013. Marc Marquez (Repsol Honda) menjadi pembalap dengan kemenangan terbanyak, yakni enam kali secara beruntun periode 2013 hingga 2018. Musim 2019, giliran Alex Rins (Suzuki) yang mampu mengkudeta singgasana Marquez.

Uniknya, Rins juga menjadi pembalap dengan kemenangan terbanyak di Austin. Pada musim 2013, rider Spanyol ini juara pertama saat masih di moto3. Musim 2016, giliran juara pertama saat bertarung di kelas Moto2.

Lantas bagaimana persaingan di musim ini? Marquez dan Rins masih menunjukkan performa yang baik di papan atas MotoGP musim 2021. Keduanya masih terbilang kompetitif, meski Marquez mengalami kemunduran sejak kembali dari cedera lengan kiri. Sedangkan Rins, sesekali bisa tampil mengejutkan dan mampu bertarung memperebutkan podium pertama.

Di luar dua nama tersebut, terdapat rider muda yang musim 2021 mulai bersinar di kelas MotoGP. Jorge Martin (Pramac Racing-Ducati) merupakan rookie musim 2021 yang punya catatan manis di Austin. Rider Spanyol ini pernah menjadi juara pertama saat masih turun di kelas Moto3 musim 2018.

Martin kini menjadi ‘kuda hitam’ di kelas MotoGP. Meski tampil di tim satelit Ducati, Martin mampu meraih tiga kali podium dalam 14 seri musim ini, satu di antaranya merupakan podium pertama saat tampil di MotoGP Styrian, Austria.

Nama selanjutnya yang juga menonjol adalah Francesco Bagnaia (Ducati). Ia pernah menjadi juara pertama di Austin saat masih bertarung di kelas Moto2 musim 2018.

Musim ini, performa Bagnaia cukup apik yang mampu membuatnya bersaing dalam perebutan gelar juara dunia bersama Fabio Quartararo (Yamaha). Bagnaia juga membius penggemar MotoGP dengan kemenangan beruntun dalam dua seri MotoGP terakhir.

Franco Morbidelli (Yamaha) juga punya modal bagus untuk bertarung di Austin. Ia tercatat pernah menjadi juara pertama pada musim 2017 saat masih turun di kelas Moto2. Morbidelli juga tercatat sebagai runner up MotoGP musim 2020.

Satu nama lagi yang punya kenangan manis di Austin adalah Jack Miller. Rekan satu tim Bagnaia di Ducati ini tercatat pernah merasakan podium pertama di Austin musim 2014 saat masih berada di kelas Moto3.

Kembali ke musim terakhir digelarnya MotoGP di Austin. Juara pertama adalah Rins, Valentino Rossi ketika itu masih memperkuat Monster Energy Yamaha di posisi kedua, dan Miller (Pramac Racing) di posisi ketiga.

Bagi Rossi, tampil di Austin akan menjadi ajang perpisahan yang menarik. Meski dia adalah legenda di MotoGP, tapi dia belum pernah merasakan manisnya juara pertama di Austin. Prestasi terbaiknya adalah podium kedua pada musim 2019.

Tahun 2008 adalah musim terbaik Rossi saat dua kali tampil sebagai juara pertama di MotoGP Amerika yang digelar di dua sirkuit berbeda, yakni di Laguna Seca dan Indianapolis.

Lantas bagaimana dengan Fabio Quartararo (Monster Yamaha)? Rider Prancis ini merupakan pemimpin klasmen sementara MotoGP musim 2021 dan menjadi kandidat terkuat dalam perburuan gelar juara dunia musim ini bersama Bagnaia. Ia tetap memiliki peluang juara jika melihat konsistensi penampilannya di musim ini.

Baca juga: MotoGP Aragon: Francesco Bagnaia Juara, Marc Marquez Kedua

#MotoGP
#Marc Marquez
#Francesco Bagnaia
#Fabio Quartararo
#Honda
#Yamaha
#Ducati
#Alex Rins
#Valentino Rossi
#Moto2
#Moto3

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi