WADA Pastikan WSBK dan MotoGP Bisa Digelar di Sirkuit Mandalika
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 15 Oktober 2021 16:39 WIB
Foto udara tikungan ke 17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit saat matahari terbenam di KEK Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis 14 Oktober 2021. Pembelian tiket untuk event World Superbike secara resmi dibuka pada 18 Oktober 2021 secara online maupun ofline dengan syarat sudah dua kali vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

GOOTO.COM, Jakarta - Badan Anti-Doping Dunia (WADA) memastikan bahwa kegiatan balap World Superbike (WSBK) 2021 dan MotoGP 2022 bisa digelar di Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Sebelumnya, Indonesia sempat mendapatkan teguran dari WADA terkait masalah doping. Menurut WADA, Indonesia tidak patuh dengan kode anti-doping, yakni “ketidaksesuaian dalam menerapkan program pengujian yang efektif.

"Negara-negara Penandatangan tidak boleh diberikan hak untuk menjadi tuan rumah kejuaraan regional, kontinental atau dunia, atau acara yang diselenggarakan oleh Organisasi Acara Besar, untuk seluruh periode ketidakpatuhan," bunyi pernyataan WADA, dikutip dari Crash.net.

Pernyataan itu pun membuat kekhawatiran pembatalan WorldSBK dan MotoGP Indonesia yang berlangsung di Sirkuit Mandalika. Meski begitu, Crash.net melaporkan, Indonesia dipastikan tetap akan bisa menggulirkan ajang balap WorldSBK dan MotoGP.

Seorang juru bicara WADA menjelaskan, "Tidak diizinkan untuk diberikan hak menjadi tuan rumah untuk acara-acara baru jika tidak patuh. Namun, jika acara telah diberikan (sebelum teguran ketidakpatuhan), maka acara tersebut dapat tetap bergulir."

Indonesia sendiri memang telah menjalin kontrak multi-tahun bersama MotoGP dan WorldSBK, sebelum WADA memberikan surat teguran. Dengan kata lain, Sirkuit Mandalika tetap akan menjadi tuan rumah di dua ajang balap internasional tersebut.

Selain Indonesia, WADA juga memberikan teguran kepada Thailand atas ketidakpatuhan terhadap aturan anti-doping. Sama seperti Indonesia, Thailand juga diperbolehkan menggelar MotoGP 2022.

TEMPO.CO

Baca juga: Kemenhub Pastikan Indonesia Siap Gelar WorldSBK di Sirkuit Mandalika

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-installaplikasi Telegram terlebih dahulu.

#Mandalika
#Sirkuit Mandalika
#Doping
#WADA
#WSBK
#World Superbike
#MotoGP

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi