Sambut WorldSBK, Polda NTB Telah Merampungkan Pelatihan di Sirkuit Misano
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 27 Oktober 2021 10:03 WIB
Foto udara tikungan ke-14 dan tikungan-15 lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa, 10 Agustus 2021. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku promotor dan operator sirkuit menyebutkan hingga akhir Juli 2021, progres keseluruhan yang dilihat dari pekerjaan trek dan pekerjaan bangunan fasilitas pendukung di dalam trek sirkuit Mandalika sudah mencapai 89,12 persen. ANTARA/Ahmad Subaidi

GOOTO.COM, JakartaPolda Nusa Tenggara Barat (NTB) telah merampungkan pelatihannya di Sirkuit Misano Italia yang telah berlangsung selama 18-26 Oktober 2021. Studi banding ini tentunya dilakukan untuk menyambut persiapan WorldSBK di Sirkuit Mandalika.

Selama di Italia, Kepala Biro Operasi Polda NTB Kombel Pol Imam Thobroni menjelaskan bahwa anggotanya telah mendapatkan gambaran penting untuk mengamankan ajang balap. Mengingat, mereka telah diajarkan konsep pengamanan balap kelas dunia.

Konsep pengamanan yang dilakukan Polda NTB di Sirkuit Misano adalah mengetahui persebaran titik anjing pelacak, serta penempatan posisi Brimob dan pola koordinasi pusat komando.

“Kami mendapat pemaparan bagaimana mengelola lalu lintas, bagaimana mereka menggunakan polisi dan carabinieri atau Brimob-nya. Pada intinya kam dipaparkan bagaimana polisi di sana mengelola event tersebut,” kata Imam, dikutip Gooto.com dari Antara.

Lebih lanjut, Imam menjelaskan bahwa konsep pengamanan ajang balap internasional di Sirkuit Misano sudah disusun oleh Polda NTB. Meski begitu, ada perbedaan antara Sirkuit Misano dan Sirkuit Mandalika.

“Konsepnya sama. Kita (polisi) amankan di ring dua dan tiga. Yang ring satu menggunakan security dari mereka. Mungkin yang membedakan kultur masyarakatnya dan kondisi sirkuitnya,” tambah dia.

Menurut Imam, Sirkuit Misano sudah berada di lokasi khusus yang tertutup pagar, sehingga penyekatannya tidak begitu rumit. Kondisi ini nyatanya berbeda dengan Sirkuit Mandalika, yang harus melakukan sejumlah penyekatan tertentu.

Baca: Polda NTB Dirikan Pos Pengamanan dan Terapkan Penyekatan di WSBK Mandalika

ANTARA  

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-installaplikasi Telegram terlebih dahulu.

#Polda
#NTB
#Sirkuit Misano
#WorldSBK
#Sirkuit Mandalika

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi