Felipe Massa Menolak Pengurangan Gaji
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 23 Desember 2008 22:29 WIB
TEMPO Interaktif, London: Pembalap Ferrari Felipe Massa mengecam rencana tim-tim Formula Satu untuk menyunat gaji pembalap mereka untuk mengurangi beban tim. Massa menilai porsi gaji pembalap sangat kecil dalam total anggaran tim.

Pembalap yang menjadi juara kedua Formula Satu 2008 ini dikabarkan mengantongi gaji sekitar 8 juta poundsterling atau sekitar Rp 135,8 miliar. Gaji Massa kabarnya hanya sepertiga dari gaji pembalap utama Ferrari, Kimi Raikkonen.

Ketika ditanya mengenai tawaran dari bos Ferrari Stefano Domenicali untuk mengurangi gaji pemain, Massa mengatakan, "Saya tidak setuju itu. Dalam olahraga kompetitif seperti ini, peran pembalap sangat besar. Dan biaya untuk gaji pembalap terbilang kecil jika dibandingkan total anggaran tim."

Massa juga mengaku tidak setuju dengan rencana badan penyelenggara Formula Satu, FIA, menerapkan mesin standar. Presiden FIA Max Mosley sendiri sebelumnya mengatakan bahwa dirinya ingin penerapan mesin standar dilakukan pada 2010. Mosley menilai penerapan itu akan menghemat anggaran tim mencapai 300 juta poundsterling atau Rp 5 triliun.

"Saya tidak tertarik dengan ide tersebut," ujar Massa. "Upaya untuk mengurangi biaya produksi memang penting. Tetapi penerapan mesin standar mengabaikan esensi dari F1 itu sendiri. Dan itu tidak boleh terjadi."

"Tim Ferrari tampil dengan mesin lain, itu bukan Ferrari. Itu berlaku pula untuk Mercedes, Toyota, atau Renault," tegas Massa.

EUROSPORT| KODRAT SETIAWAN

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi