PLN Suplai Listrik Berlapis untuk Sukseskan WorldSBK di Sirkuit Mandalika
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 2 November 2021 12:56 WIB
Sejumlah pekerja menarik Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) 20 KV untuk proyek kelistrikan sirkuit MotoGP di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu, 30 Juni 2021. PLN Unit Induk Wilayah NTB berkomitmen memenuhi kebutuhan listrik untuk gelaran MotoGP yang akan dilaksanakan di kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. ANTARA/Ahmad Subaidi
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PLN dikabarkan telah menyiapkan sistem suplai listrik berlapis untuk mendukung skenario kelistrikan tanpa kedip di gelaran WorldSBK Sirkuit Mandalika. Langkah ini diambil agar tidak ada gangguan yang muncul dari sistem kelistrikan selama ajang WSBK bergulir.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal itu dibenarkan langsung oleh General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Lasira. Dirinya juga menyebutkan bahwa pihaknya telah menyiapkan sejumlah alat pendukung untuk bisa melancarkan rencananya tersebut.

“Beberapa peralatan pendukung, seperti uninterruptible power supply, genset pendukung, dan unit gardu bergerak didatangkan dari Nusa Tenggara Timur, Bali dan Jakarta yang saat ini masih dalam tahap mobilisasi,” ucap Lasira, dikutip Gooto.com dari Antara.

Lebih lanjut, Lasira juga menjelaskan bahwa ketersediaan daya sistem kelistrikan di Lombok saat ini memiliki cadangan daya sebesar 80 megawatt. Jumlah itu sekitar 30 persen dari beban puncak wilayah tersebut.

“Pasokan daya untuk WSBK dan juga sistem Lombok, insya Allah aman. Kami juga sudah mengantisipasi meningkatnya kebutuhan listrik seiring bertambahnya tamu yang akan datang e Lombok,” tambah Lasira.

PLN dan PT Pengembang Pariwisata Indonesia (ITDC) diketahui sudah melakukan penyalaan suplai listrik untuk Jalanan Kawasan Khusus (JKK) di Sirkuit Mandalika. Terhitung, ada sekitar 5,190 megavolt ampere yang disuplai dari sistem kelistrikan Lombok untuk dialirkan ke beberapa bangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit.

“Suplai listrik untuk JKK Sirkuit Mandalika merupakan komitmen PLN untuk memberikan layanan terbaik dan keandalan pasokan listrik guna mendukung gelaran akbar pertama di Indonesia,” tutup Larisa.

Baca: Pendapatan Asli Daerah Lombok Tengah Untung Lebih dari Rp 5 M dari Tiket WSBK

ANTARA

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-installaplikasi Telegram terlebih dahulu.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi