Pendapatan Asli Daerah Lombok Tengah Untung Lebih dari Rp 5 M dari Tiket WSBK
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 2 November 2021 12:08 WIB
Foto udara tikungan ke-17 dan lintasan lurus Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa, 10 Agustus 2021. Sirkuit Mandalika juga dipersiapkan untuk MotoGP Indonesia yang digelar pada Maret 2022. ANTARA/Ahmad Subaidi

GOOTO.COM, Jakarta - Kepala Badan Pendapatan Daerah Lombok Tengah, Jalaludin menjelaskan bahwa penjualan tiket WorldSBK (WSBK) di Sirkuit Mandalika bakal menguntungkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat. Keuntungannya bahkan lebih dari Rp 5 miliar.

Dirinya menjelaskan bahwa PAD Lombok Tengah bakal menerima 15 persen dari harga penjualan tiket WSBK. Harga tiket WorldSBK di Sirkuit Mandalika sendiri bervariasi, yakni mulai dari Rp 700 ribu hingga Rp 19 juta.

Jumlah keuntungan di atas Rp 5 miliar itu nyatanya belum terhitung dari pajak lainnya. dengan kata lain, PAD Lombok Tengah berpeluang mendapatkan keuntungan puluhan miliar dari gelaran WorldSBK ini.

“Pendapatan yang akan diterima pemerintah daerah itu 15 persen dari harga tiket yang terjual. Itu pajak penjualan tiketm belum pajak dari hotel, restoran serta parkir. PAD yang kita dapat itu di atas Rp 5 miliar,” ujar Jalaludin, dikutip Gooto.com dari Antara.

PAD Lombok Tengah sendiri memiliki target anggaran 2021 mencapai Rp 152 miliar. Jumlah itu turun dari target awal (Rp 200 miliar) setelah direvisi akibat dampak pandemi Covid-19.

Namun, sejauh ini realisasi PAD Lombok Tengah hingga Oktober 2021 baru mencapai 49 persen. “Realisasi PAD baru Rp 67 miliar atau 49 persen,” jelas Jalaludin di Praya, Lombok Tengah, Senin, 1 November 2021.

Kurangnya pencapaian target anggaran PAD ini nyatanya tak terlepas dari pandemi Covid-19, di mana sektor pariwisata menjadi salah satu yang paling terdampak. Mengingat, jelas Jalaludin, semua hotel dan restoran tidak kedatangan tamu selama pandemi.

Baca: Transportasi Gratis untuk Penonton WorldSBK Dipastikan Sudah Siap

ANTARA

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-installaplikasi Telegram terlebih dahulu.

#WSBK
#Lombok Tengah
#Tiket
#Sirkuit Mandalika
#Pendapatan Daerah
#WorldSBK

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi