Berkaca dari Kecelakaan Vanessa Angel, Ini Tips Aman Berkendara di Jalan Tol
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 5 November 2021 12:00 WIB
Toyota Calya terguling di jalan tol layang MBZ. (Foto: Korlantas Polri)

GOOTO.COM, Jakarta - Kecelakaan fatal menimpa artis cantik Vanessa Angel di Jalan Tol Nganjuk-Jombang pada Kamis, 4 November 2021. Insiden mengerikan ini bahkan menewaskan sang aktris dan suaminya, Febri Andriansyah.

Berkaca dari kecelakaan yang dialami Vanessa Angel, ada beberapa tips yang harus dilakukan oleh para pengendara mobil di jalan tol. Hal ini disarankan untuk dipatuhi agar meminimalisir adanya kecelakaan fatal.

Maka dari itu, kali ini redaksi Gooto.com mencoba untuk merangkum beberapa tips berkendara secara aman di jalan tol. Berikut ulasannya khusus untuk Anda:

Perhatikan Kondisi

Mantan pembalap nasional Alex Asmasoebrata sempat menjelaskan bahwa pengendara mobil harus memperhatikan kondisi tubuhnya sebelum memutuskan pergi jauh menggunakan jalan tol. Pastikan jika keadaan sopir sehat jasmani dan rohani.

Jangan Dipaksa Jika Mengantuk

Kondisi ngantuk memang tidak bisa dihindari. Apabila rasa kantuk benar-benar tidak bisa dilawan, maka pengendara mobil disarankan untuk berhenti sejenak dan tidak memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan.

Cek Kondisi Mobil

Setelah kondisi tubuh, pemilik kendaraan juga harus mengecek mobilnya terlebih dahulu. Salah satu yang harus diperhatikan adalah tekanan dan kualitas ban. Setelah itu, lampu sein, lampu rem dan sistem pengereman juga tidak dalam keadaan rusak.

Gunakan Sabuk Pengaman

Seperti yang sudah tertera dalam aturan berkendara, sabuk pengaman begitu penting bagi pengemudi dan penumpang. Hal ini wajib dilakukan agar pengendara mobil dan penumpang tidak terlempar saat mengalami kecelakaan fatal.

Perhatikan Situasi Sekitar

Pengendara mobil diminta untuk memperhatikan dengan baik situasi sekitar, terlebih ketika ingin menyalip kendaraan lain. Sopir harus memperhatikan mobil yang berada di depan dan belakangnya, demi mengantisipasi tabrakan di jalan tol.

Patuhi Batas Kecepatan

Mematuhi batas kecepatan di jalan tol sangat penting bagi keselamatan berkendara. Kecepatan ideal di jalan tol sendiri berkisar di antara 60-80 km/jam di jalur paling kiri. Sedangkan di lajur kanan, kecepatan terendahnya adalah 120 km/jam.

Jaga Jarak

Pengendara mobil harus memperhatikan jarak antara satu kendaraan dengan yang lainnya di jalan tol. Diketahui, jarak idel antara mobil satu dan yang di depan atau belakangnya adalah 10-20 meter. Inilah tips berkendara secara aman yang bisa dipatuhi saat berada di jalan tol. Semoga bermanfaat dan tidak ada lagi kecelakaan fatal.

Baca: Vanessa Angel Alami Kecelakaan Fatal, Berikut Tips Berkendara Saat Ngantuk

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

#Vanessa Angel
#Tips
#Tips Berkendara
#Jalan Tol
#Pengendara Mobil
#Mobil
#Tips Aman Berkendara

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi